7 Makanan Pembersih Usus Kotor, Sayuran Hijau sampai Yoghurt

  • Jumat, 07/10/2022 - 00:25 WIB
 
Hai, Sobat Souja! Studi kesehatan menyatakan ada beberapa makanan pembersih usus kotor yang bisa Anda konsumsi agar kesehatan pencernaan jadi lebih optimal.

Melansir Healthline, pembersihan usus besar memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan kesehatan pencernaan dengan membuang 
limbah dan racun dari tubuh hingga menurunkan berat badan.

Sebenarnya, pembersihan usus besar masuk dalam tindakan medis. Hal ini dikenal dengan sebutan irigasi usus besar atau hidroterapi usus besar.

Namun tindakan ini perlu didasari dengan konsultasi dokter terlebih dahulu. Sebab, pembersihan usus besar harus dilakukan secara hati-hati.

Selain itu, langkah ini bukan tanpa risiko, seperti bisa menyebabkan dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit, ketidakseimbangan bakteri dan infeksi, hingga perforasi usus.

Kendati begitu, studi menunjukkan ada beberapa makanan yang bisa membantu pembersihan usus kotor untuk mengeluarkan sisa limbah makanan di usus besar.

Namun perlu diketahui, Anda tidak perlu selalu melakukan pembersihan usus besar dengan memakan berbagai makanan ini.

Tetapi, Anda bisa mengonsumsi makanan berikut sebagai variasi dalam menu makanan sehari-hari.

Makanan Pembersih Usus Kotor

Makanan pembersih usus kotor pada intinya merupakan makanan yang punya kandungan serat, kalsium, dan vitamin D dalam jumlah tinggi. Nutrisi tersebut sangat baik untuk sistem pencernaan manusia.

Tak hanya bisa membantu pembersihan usus besar, makanan dengan kandungan tersebut juga bisa mencegah sembelit, diare, kembung, hingga peradangan dan kanker usus besar.

Berikut daftar makanan yang bantu membersihkan usus.

1. Sayuran berdaun hijau gelap
 
d 
Sumber: Mitra Bukalapak 

Studi menunjukkan sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, kangkung, lobak, selada, dan brokoli dapat membersihkan usus besar.

Hal ini karena sayuran berdaun hijau gelap punya kandungan serat, kalsium, dan vitamin D yang tinggi.

2. Raspberry
 
d 
Sumber: Unsplash 
 
Tak hanya sayuran, beberapa buah-buahan juga punya kandungan serat dan kalsium yang tinggi. Salah satu buah untuk usus, yaitu raspberry.

Anda bisa mengonsumsi raspberry secara langsung maupun dengan mengolahnya menjadi jus, campuran di kue, dan salad.

3. Oatmeal

Oatmeal juga punya kandungan serat larut yang biasa dikenal dengan beta-glukan.

Selain serat, tentunya oatmeal juga punya kandungan kalsium yang dibutuhkan untuk membersihkan usus besar.

4. Kacang-kacangan

Selain serat, pembersihan usus besar juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung pati resisten yang mirip dengan serat.

Nah, kandungan pati resisten ini ada di kacang-kacangan dan biji-bijian.

5. Kentang

Tak hanya kacang-kacangan, pati resisten juga terkandung di dalam kentang. Pati resisten ini bisa meningkatkan mikroflora usus yang menyehatkan pencernaan.

Tak cuma kentang, makanan yang mengandung pati resisten lainnya seperti ubi dan jagung.

6. Yoghurt

Makanan yang bantu membersihkan usus kotor selanjutnya adalah yoghurt. Hal ini karena yoghurt mengandung probiotik yang juga punya fungsi membersihkan dan menyehatkan usus.

Selain yoghurt, probiotik juga terkandung di kimchi, acar, tempe, dan makanan fermentasi lain. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen probiotik.

7. Susu, keju, roti

Tak perlu diragukan lagi, susu merupakan minuman pembersih usus karena punya kandungan kalsium yang tinggi.

Jika tidak suka minum susu, Anda bisa mengonsumsi susu dalam bentuk lain, misalnya di keju, roti, pasta, dan lainnya yang memiliki kandungan susu.

Itulah makanan pembersih usus kotor. Anda bisa mengonsumsinya sebagai variasi di menu sehari-hari. Semoga membantu.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.