2 Syarat untuk Memiliki Sahabat Sejati, Sudahkah Memenuhi?

  • Kamis, 06/10/2022 - 09:37 WIB
Hi sobat Souja! Sahabat sejati siapa yang tidak ingin memilikinya. Semua orang pasti ingin punya sahabat sejati, termasuk Anda. Untuk menjadi sahabat sejati, ada sesuatu yang harus dilakukan.

Berikut ini ada 2 hal yang menjadi syarat untuk memiliki sahabat sejati. Yuk, simak!

1. Sadar bahwa kita punya kekurangan dan keterbatasan yang memerlukan dukungan orang lain.

Saat kita menyadari bahawa hidup ini tidak sendirian maka kita akan berpikir bahwa kita hidup membutuhkan orang lain. Ketika kita merasa membutuhkan orang lain, kita sadar jika kita memiliki kekurangan.

Kita memiliki keterbatasan dalam hidup. Kita memerlukan dukungan dari orang lain. Entah dukungan material berupa benda. Bisa dukungan immaterial atau dukungan moral.

Manusia tidak bisa melakukan apa pun sendirian. Pastilah butuh teman untuk mendukung dan membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan hidup. Sebagai contoh. Kita mau membuat sambal terasi.

Apa yang kita butuhkan? Kita butuh cabai, garam, terasi, cobek, ulegan. Apakah kita bisa membuatnya sendiri? Kita butuh cabai, bisalah kita tanam sendiri. Kita butuh garam dan terasi, bisalah kita buat sendiri, jika kita hidup dekat laut.

Kalau kita hidup di pegunungan? Apakah bisa buat garam dan terasi? Kita butuh cobek dan ulegan. Artinya kita membutuhkan bantuan orang lain. Sesempurnanya seseorang, pastilah memiliki kekurangan dan keterbatasan. Untuk itu kita perlu dukungan dan bantuan orang lain.

2. Sadar bahwa menjadi teman sejati orang lain maka kita akan mendapat teman sejati pula

Saat kita ingin memiliki sahabat sejati, kita hanya perlu dan mau menjadi teman sejati dari orang tersebut. Artinya apa yang kita inginkan seharusnya kita juga memberikan.

Ingin memiliki sahabat sejati ya kita harus menjadi sahabat sejati dari orang lain. Mana mungkin orang lain mau menjadi sahabat sejati kita kalau kita tidak pernah peduli dan mau menjadi teman sejati orang lain.

Ibaratnya menanam padi. Jika ingin memanen padi, ya kita harus menanam bibit padi. Kalau kita menanam bibit rumput ya tidak mungkinlah akan memanen padi.

Ketika kita mau menjadi teman sejati dari orang lain, maka kita pasti akan mendapatkan teman sejati pula. Kalau kita tidak mau menjadi teman sejati bagi orang lain, janganlah berharap bisa mendapatkan teman sejati dalam hidup. Intinya adalah berbagi dan saling memberi.

Demikian 2 syarat menjadi sahabat sejati. Semoga bermanfaat.

Sumber: Suara.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.