3 Alternatif Pekerjaan Sambil Menunggu Panggilan Kerja, Apa Saja?

  • Kamis, 06/10/2022 - 11:11 WIB
Hi sobat Souja! Saat kamu lulus kuliah, kamu akan berubah menjadi seorang pencari kerja atau yang biasa disebut jobseeker. Saat ini, mencari pekerjaan tetap tidak semudah yang dibayangkan. Namun, kamu pasti membutuhkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan kamu secepatnya, bukan? Sebagai seorang jobseeker yang sedang menunggu panggilan kerja, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk bisa menghasilkan uang. Kamu bisa coba 3 alternatif pekerjaan di bawah ini sambil menunggu panggilan kerja tetap.

1. Penulis Lepas

Bekerja sebagai penulis lepas memiliki penghasilan yang lumayan baik untuk seorang jobseeker. Pekerjaan yang satu ini juga mudah dilakukan karena cakupannya yang luas. Salah satu yang paling banyak digemari adalah menjadi seorang contributor writer pada website-website tertentu. Di beberapa website media ataupun non-media, pengisi dari konten-konten pada website adalah seorang penulis lepas.

Biasanya, untuk dapat menerbitkan di website tersebut, tidak diperlukan serangkaian proses rekrutmen dan kontrak tertentu sehingga penulis bebas menulis sebanyak yang mereka inginkan. Penghasilannya pun bervariatif tergantung dengan ketentuan masing-masing website dan performa penulis.

2. Guru Les

Menjadi seorang guru les adalah salah satu pekerjaan sampingan yang paling banyak digemari oleh mahasiswa atau fresh graduate. Pasalnya, ilmu yang mereka miliki dinilai masih fresh untuk bisa diajarkan kepada orang lain. Selain itu, pekerjaan sebagai guru les tidak terlalu berat apalagi saat mata pelajaran yang kamu ajar sesuai dengan bidang keahlianmu.

Uang yang didapatkan pun cukup tinggi dengan jam kerja dan beban kerja yang terbilang minim. Menjadi guru les juga dapat melatih skill komunikasi dan adaptasi kamu agar nantinya berguna untuk bekal di dunia kerja.

3. Online Shop

Memiliki sebuah pekerjaan sampingan sebagai seorang owner online shop juga dapat membantu kamu memiliki penghasilan sambil menunggu panggilan kerja. Online shop tidak mengharuskan kamu menyewa tempat sehingga akan lebih mudah dan hemat.

Selain itu, media promosi untuk online shop lebih banyak daripada offline shop sehingga akan lebih mudah untuk kamu dalam mencari pembeli.

Itulah tiga alternatif pekerjaan sambil menunggu panggilan kerja. Bagaimana, pekerjaan sampingan mana yang paling kamu sukai?

Sumber: Suara.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.