Aktor Legenda India Amitabh Bachan Tengah Berjuang Melawan Hepatitis B

  • Selasa, 01/12/2015 - 09:16 WIB
 

Setelah menderita polio dan TBC, aktor India Amitabh Bachchan tengah melawan hepatitis B. Penyakit hati kronis tersebut telah dideritanya selama lebih dari dua puluh tahun.

Ia terdeteksi dengan penyakit infeksi hati tersebut pada tahun tahun 2000 atau hampir 18 tahun, setelah ia mendapatkan transfusi darah pada tahun 1982, ketika ia terluka selama syuting Coolie.

Saat itu, ia mendapat transfusi 60 unit darah, yang dikumpulkan dari 200 donor. Sayangnya, di antara sekian ratus donor tersebut ada yang meloloskan virus yang kini menginfeksi tubuh Bachchan.

"Pada saat itu, saya langsung tahu bahwa virus yang menjangkit telah memakan 75 persen liver saya," ungkapnya, seperti dikutip dari Timesofindia , Selasa (01/12/2015). Kini, Bachchan mengimbau masyarakat agar memeriksakan liver untuk mendapat diagnosis dini dan pengobatan tepat waktu. 

Berbeda dengan Hepatitis A, Hepatitis B biasanya ditularkan melalui darah yang terkontaminasi. Hepatitis B akut mungkin tidak memerlukan pengobatan khusus, namun untuk kasus kronis seperti Bachchan, penyakit harus diobati dengan obat antivirus.

Bentuk pengobatan terbilang mahal, karena pengobatan harus diikuti selama beberapa bulan atau tahun, juga membutuhkan evaluasi medis yang teratur, dan pemantauan untuk menentukan apakah pengobatan virus ini mengalami kemajuan.

Nah, sobat Souja kita doakan ya semoga Amitabh Bachan cepat sembuh ya!


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.