Dapatkan Masakan yang Bergizi Dengan 5 Metode Ini

  • Rabu, 21/10/2015 - 17:35 WIB
 
Memasak makanan menjadi yang sehat untuk dikonsumsi sebenarnya mudah untuk dilakukan. Kamu dapat berkreasi dengan memodifikasikannya menjadi menu makanan yang lebih sehat. Misalnya saja dengan menggunakan alat masak seperti antilengket untuk mengurangi kebutuhan minyak goreng atau mentega.
 
 
 

Agar kandungan gizi makanan tetap terjaga,berikut lima metode cara memasaknya seperti dikutip Okezone:

 

 

 

Merebus

Proses merebus makanan tidak memerlukan minyak. Apabila merebus daging, maka lapisan lemak di bagian atas air rebusan dapat dengan mudah disingkirkan. Kuah sup yang dihasilkan dari metode rebusan juga kaya akan rasa dan kandungan gizi dari makanan pun tidak hilang.

 

 

Memanggang

Ketika memanggang, kelebihan lemak yang ada di makanan akan keluar. Proses ini juga tidak memerlukan minyak untuk memasak. Rasa dan aroma makanan lebih renyah dan wangi.

 

 

Mengukus

Mengukus tidak memerlukan minyak, kematangan makanan lebih merata, kemudian rasa dan nutrisi makanan pun tidak hilang. Untuk sayuran, lebih banyak kandungan gizi yang terjaga dengan metode mengukus dibandingkan dengan merebus.

 

 

Memasak dengan panci tekan

Memasak dengan panci tekan (pressure cooker) atau presto dapat memperpendek waktu masak. Selain itu rasa dari makanan juga tidak hilang. Metode ini cocok untuk daging, buah, dan kacang-kacangan.

 

 

Menumis

Menumis makanan hanya memerlukan sedikit minyak sehingga mengurangi kelebihan lemak dan kalori dari minyak. Umumnya menumis hanya membutuhkan waktu sebentar, sehingga kandungan gizi dalam makanan tidak rusak. Metode ini cocok untuk sayur dan daging, serta memudahkan untuk memantau daging agar tidak terlalu matang.


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.