Bocah SD Ciptakan Kulkas Tanpa Listrik, Harumkan Nama Indonesia

  • Jumat, 23/10/2015 - 13:51 WIB
 

Arya dan Sanika Dua siswa kelas 6 SD Al Azhar 14 Semarang telah mengharumkan nama Indonesia di ajang World Creativity Festival yang diselenggarakan di Korea Advanced Institue and Technology (KAIST) di Daejon, Korea Selatan  pada 17 hingga 18 Oktober . Mereka bernama Arya Nardhana Syariendrar dan Sanika Putra Ramadhan berhasil meraih medali perunggu karena membuat lemari es tanpa listrik.

 

Kedua bocah tersebut  berhasil menjadi tiga besar dan mengalahkan puluhan peserta dari delapan Negara yang berpatisi pasi  dalam ajang tersebut. Alat yang mereka  cipatakan ternyata membuat peneliti dan dosen KAIST terkesima.

 

Alat yang dilombakan tersebut bahannya cukup sederhana yaitu stereofoam, pasir, dan air dingin. stereofoam itu dirubahnya  sehingga bisa menjadi lemari es dan bisa membuat sayuran bertahan hingga tujuh hari. Arya mengatakan awalnya ia dan teman-temannya  hanya searching di internet tentang penyimpanan buah dan sayur tanpa harus menggunakan lemari es listrik. Dari hasil cari-cari itu ditemukan kalau pasir ternyata bisa menjaga suhu tetap stabil dalam waktu lama.

 

Bocah itu menjelaskan, caranya ternyata cukup mudah yaitu membuat atau menyiapkan boks yang terbuat dari stereofoam. Di dalam boks tersebut diletakkan kaleng biskuit untuk tempat menyimpan buah atau sayur, kemudian di sekelilingnya diberi pasir dan air dingin.

 

"Buah dan sayur yang disimpan bisa segar selama enam sampai tujuh hari," kata Arya."Ya awalnya browsing tentang menyimpan buah dan sayur tanpa menggunakan listrik. Kemudian kami menemukan kalau pasir bisa menjaga suhu," tandas Arya yang dikutip dari detik.com. Rabu,  (21/10/2015)

 

Alat ciptaan mereka kini disimpan di Korea Selatan. Belum ada keputusan apakah mereka akan mematenkan alat tersebut atau tidak, yang pasti dua siswa ini sudah mengharumkan nama Indonesia di dunia Internasional.

 

Putra dari mantan sekaligus calon Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi tidak hanya membuat bangga orang tuanya namun juga nama bangsa.

 

Nah sobat souja, semoga dengan ini dapat menginspirasi sobat untuk  membuat karya yang bisa membanggakan Indonesia!


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.