Tips Menjadi Marketer Handal

  • Senin, 12/10/2015 - 17:31 WIB
 
Ketika mendengar atau membaca mengenai marketing , tentu pikiran Sobat akan langsung membayangkan Salesman atau Saleswoman di berbagai perusahaan. Yup, kamu memang benar Sobat. Pastinya, marketing merupakan indikator penentu yang menjadikan sebuah perusahaan meraih kesuksesan. Marketing mempunyai tugas utama, yaitu menjual produk atau jasa dari suatu perusahaan yang mempunyai target pasar sesuai dengan yang telah ditentukan oleh perusahaan tersebut. Sebaik apapun perusahaan, apabila tidak mampu menawarkan serta memasarkan jasa atau produknya, maka sama saja dengan omong kosong belaka. 


Marketing saat ini sesungguhnya sudah mulai gencar didunia online, oleh karena itu disebut sebagai Marketing Online. Akan tetapi, prinsip dasarnya pun sama yaitu menjual produk atau jasa dari suatu perusahaan dengan target yang telah ditentukan. Banyak kalangan yang mempercayai bahwa seseorang yang menggeluti marketing memiliki kreativitas tanpa batas, semangat juang dan antusiasme tinggi. Lantas, bagaimana caranya agar menjadi seorang marketer yang keren? Kami melansir dari Jobsdb, berikut ini cara agar handal di bidang marketing. 

Kenali pasarmu
Kamu harus paham dimana kamu ingin memasarkan produk atau jasamu serta siapa segmentasi yang kamu bidik. Pastikan tepat untuk membidik pasar, jangan sampai kamu menelan kerugian yang besar hanya gara-gara kurang tepat memetakan pasar. 


Berikan kesan terbaik
Kesan pertama ditentukan oleh saat pertama kali kamu bertemu dengan calon konsumen. Berikan kesan yang meyakinkan ketika target melihat penampilan dan caramu mempresentasikan produk hingga mereka menilai bahwa produk atau jasa yang kamu tawarkan memiliki kualitas yang baik. 


Perluas relasi dan wawasan
Perluaslah koneksi atau kenalan Sobat, jangan hanya terbatas lingkup kecil saja. Perluas wawasan untuk memasuki dunia yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Semakin banyak koneksi dan wawasan yang dimiliki maka semakin besar kesempatanmu untuk mendapatkan client baru.


Pentingnya Product Knowledge
Bagaimana kamu menawarkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada calon client tapi Sobat belum menguasai secara penuh mengenai keunggulan, kekurangan, harga, kualitas, target konsumen atau client, dan hal lainnya. Siapa yang mau tertarik dengan presentasi yang buruk?


Catat testimoni
Client akan merasa puas dengan produk atau jasa yang kamu jual, catat testimoni dari mereka. Sebuah testimoni sangat berarti sebagai bukti keunggulan produkmu dengan milik orang lain. Mereka mungkin akan mengatakan hal-hal yang tidak pernah terpikirkan oleh mu. 


Siapkan mental dan amunisi 
Dunia marketing adalah dunia yang penuh dengan persaingan dalam hal apa pun, oleh karena itu kamu harus memiliki mental yang sangat kuat. Penawaran yang kamu ajukan tidak selalu dapat diterima oleh client. Penolakan merupakan hal yang sudah wajar dalam dunia Marketing, maka dibutuhkan kesabaran dan ketahanan mental yang ekstra. Tetap konsisten dalam pekerjaan dan pantang menyerah adalah kunci kesuksesan sebagai seorang marketer. 


Selamat mencoba! 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.