Kisah Inspiratif: Fokus & Biarkan Busur Panahmu Melesat Tepat Sasaran

  • Kamis, 19/11/2015 - 11:15 WIB
 
Ada sebuah pelajaran dari kisah Tiongkok Kuno, yang bisa kita telaah untuk menjadi pembelajaran dalam memajukan usaha. Dikisahkan pada zaman Chun Qiu, ada seseorang bernama Yang You Ji yang berasal dari Negara Chu. Ia sangat terkenal dengan kepandaiannya dalam memanah. Suatu kali, ada yang menantang Yang You Ji untuk membuktikan keandalannya dalam memanah. Saat itu, ada orang yang memilih tiga helai daun di atas sebuah pohon. Lalu, dari daun yang dipilih itu kemudian ditandai dengan angka satu, dua, dan tiga.


Setelah itu, Yang You Ji diminta untuk memanah daun yang sudah ditandai tersebut dari jarak seratus langkah. Yang You Ji dengan mantap mengeluarkan busur dan anak panahnya. Ia membidik dengan sangat cermat dan fokus, sebelum melepas anak panahnya ke daun yang dituju.


Dengan yakin, ia melesatkan anak panah tersebut. 


“Wuzz…” panah meluncur deras. 


Panah pertama mengenai daun angka satu. Lalu panah kedua mengenai tepat sasaran pada angka dua. Dan yang ketiga pun sama, berhasil mengenai daun yang ditandai dengan angka tiga. Semua orang berdecak kagum. Ternyata betul, kemahiran Yang You Ji dalam memanah bukan isapan jempol belaka. Bagaimana Yang You Ji bisa melakukannya? Kisah tersebut kerap disebut-sebut sebagai sebuah pembelajaran, bahwa jika kita mengerjakan sesuatu dengan yakin, pasti akan mencapai tujuannya. Yang You Ji yang fokus, cermat, yakin, bisa dengan mantap mencapai apa yang ditujunya.


Sobat, 


Dalam menjalankan usaha, kita juga seharusnya memiliki keyakinan 100 persen terhadap apa yang sedang kita jalankan. Berkaitan dengan hasilnya, semua adalah proses menuju pada sasaran yang dituju. Artinya, sepanjang kita terus menjaga keyakinan, selalu ada jalan menuju hasil yang seperti kita dambakan. Banyak kisah pengusaha sukses membuktikan keyakinan dan tentu dibarengi dengan kerja keras dan cerdas bisa mengalahkan segala halangan dan tantangan. 


Kisah Lei Jun dalam membesarkan Xiaomi adalah contoh nyata, betapa produk Tiongkok yang kerap dipandang sebelah mata berhasil mendobrak ke pasar atas produk smartphone dunia. Awalnya, banyak yang menyangsikan Xiaomi. Tapi, Lei Jun berhasil mengubah keyakinan itu sebagai fondasi mewujudkan kenyataan. 


Semua kondisi tersebut diawali oleh kekuatan keyakinan, fokus, dan kecermatan. Layaknya You Jin yang memanah dengan ketepatan luar biasa, setiap pengusaha wajib memiliki keyakinan terhadap apa yang sedang diperjuangkannya. Memang, keyakinan tak akan memberikan jaminan 100 persen terhadap keberhasilan. Tapi, tanpa keyakinan, hampir bisa dipastikan keberhasilan tak akan kita raih. Mari, kuatkan keyakinan. Fokus pada apa yang sedang diperjuangkan. Cermat lakukan pengamatan. Jadikan target sebagai tujuan besar dan menantang. Niscaya, panah-panah yang melesat dari busur usaha kita, akan mencapai hasil yang gemilang.


Sumber: Andriewongso.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.