Walk-Man, Robot Pengganti Tentara Telah Diciptakan

  • Selasa, 01/12/2015 - 09:32 WIB
 

Para teknisi asal Institute of Technology and University of Pisa menciptakan sebuah robot yang mirip manusia. Robot itu dijuluki Walk-Man.

Dikutip dari DailyMail, Senin (01/12/2015), robot ini punya dua kaki dan bukan berjalan di atas roda. Dia juga memiliki dua tangan yang bekerja seperti tangan manusia.

"Ada satu faktor yang disetujui semua orang bahwa sebenarnya di dunia kita, lingkungan kita didesain untuk tubuh kita. Jadi, kami memiliki alat yang didesain oleh humanoid, tangan manusia," ujar Nikos Tsagarakis, peneliti senior IIT sekaligus koordinator proyek Walk-Man.

"Artinya, jika kau membangun robot, dia harus semirip mungkin denganmu. Kau tak perlu membuatnya banyak beradaptasi dengan lingkunganmu dengan cara itu," lanjutnya.

Tak hanya mirip, robot ini dirancang untuk menggantikan manusia menangani pekerjaan berbahaya, termasuk menjadi pemadam kebakaran, tentara, atau bangunan. Untuk itu, Walk-Man dirancang dengan tinggi 1,8 meter dan kepalanya diisi sistem penglihatan stereo serta scanner laser 3D berotasi yang membantunya melihat sekitar.

Kini, para ilmuwan sedang mengusahakan agar Walk-Man bisa bergerak dengan lebih tangkas meski kecepatan bergerak seperti manusia masih belum dimungkinkan. Robot ini juga akan dilengkapi kemampuan refleksif yang membantunya di lapangan. 

Robot tersebut rencananya akan dikendalikan dengan remot kontrol. "Robot akan mentransfer data, seperti data persepsi, kembali ke operator, dan operator akan mengambil tindakan serta memutuskan apa gerakan berikutnya untuk robot ini," lanjut Tsagarakis.

Waw, canggih ya sobat Souja! sekarang perkembangan teknologi sudah semakin maju. manusia tidak perlu lagi melakuakan pekerjaan berbahaya karena bisa digantikan dengan robot. tapi ada sisi negatifnya, khawatir jika manusia tidak lagi dibutuhkan dan semakin banyak pengangguran kita doakan saja ya sobat souja, perkembangan teknologi berdampak baik bagi umat manusia.


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.