5 Dampak Berlebihan Pakai Skincare

  • Rabu, 04/12/2019 - 05:49 WIB

Halo! Sobat Souja, untuk kulit yang terlihat sehat dan mulus biasanya para perempuan selalu menggunakan berbagai jenis produk skincare. Berbagai macam produk seperti pelembap, serum bahkan toner pasti digunakan untuk mendapatkan kulit yang cantik maksimal.

Sayangnya terlalu banyak menggunakan skincare justru berdampak buruk juga bagi kulit. Berikut lima akibat yang akan Sobat dapatkan saat menggunakan terlalu banyak produk skincare!

1. Kulit Sobat akan terasa gatal dan tumbuh ruam

Saat kulit terasa gatal dan muncul ruam berwarna kemerahan bisa jadi disebabkan karena kita terlalu banyak menggunakan skincare. Munculnya ruam ini bisa jadi karena kulit kita alergi terhadap beberapa macam zat kimia seperti pewangi dalam skincare yang kita gunakan, apalagi bila kita menggunakan skincare yang terlalu bervariasi, otomatis kulit kita akan memberikan reaksi yang negatif karena banyaknya pewangi yang terdapat dalam skincare yang kita gunakan.

2. Kulit terlalu kencang dan terasa tertarik

Salah satu akibat yang akan ditimbulkan ketika menggunakan produk skincare terlalu banyak adalah kulit terasa kencang atau bahkan tertarik. Salah satu penyebabnya adalah karena produk skincare yang kita gunakan malah mengurangi kadar hidrasi kulit. Bila sudah begini otomatis kulit kita akan benar-benar terasa kering dan kita akan lebih cepat mendapatkan kulit yang keriput. Segera hentikan pemakaian kalau hal ini sudah kamu rasakan.

3. Kulit terlihat mengkilap tapi kering

Kulit yang terlihat berminyak tapi terasa kering bisa jadi disebabkan karena kita melakukan eksfoliasi wajah secara berlebihan. Padahal eksfoliasi yang dianjurkan hanya sebanyak 2 kali dalam satu minggu. Proses eksfoliasi wajah yang berlebihan tak hanya membuat kulit terasa kering tetapi juga bisa membuat kulit iritasi bahkan perih. Bila hal ini sudah terjadi, hentikan pemakaian acid exfoliator untuk beberapa saat sampai kulit wajah Sobat kembali normal.

4. Produksi minyak pada wajah berkurang drastis

Hal ini disebabkan karena produksi minyak dalam kulit berhenti untuk sementara karena kulit Sobat tetap terlihat berminyak. Minyak yang ada pada kulit ini bisa juga disebabkan karena skincare yang Sobat gunakan tak terserap dan tak bekerja dengan baik. Kalau sudah begini bisa-bisa produksi minyak pada kulit wajah Sobat akan benar-benar berhenti karena wajah Sobat sudah berminyak dan lambat laun kulit Sobat malah akan mengering dan keriput.

5. Muncul berbagai masalah kulit yang tidak diinginkan

Selain yang telah dijelaskan, akibat yang akan Sobat dapatkan saat menggunakan produk skincare terlalu banyak adalah munculnya berbagai masalah kulit lainnya seperti pori-pori membesar, jerawat, komedo, bahkan tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus pada kulit.

So, lebih baik tak perlu menggunakan berbagai macam produk skincare secara berlebihan karena yang berlebihan belum tentu baik bagi kulit.


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.