5 Motivasi Agar Sobat Giat Belajar

  • Senin, 04/11/2019 - 09:51 WIB

Halo! Sobat Souja, untuk meraih sebuah kesuksesan pastilah dibutuhkan usaha, kerja keras, dan belajar. Belajar menjadi modal utama setiap orang untuk meraih kesuksesannya. Belajar juga menjadi proses yang tak lekang waktu karena belajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Tapi ada kalanya seseorang mendapat serangan malas dari berbagai pihak, entah itu eksternal maupun internal. Malas belajar bisa datang saat Sobat kehilangan semangat atau motivasi yang disebabkan beberapa faktor.
Nah, untuk mengembalikan semangat dan motivasi belajar, yuk coba lakukan lima hal di bawah ini agar Sobat bisa bersemangat lagi untuk belajar.

 1. Buat dan tentukan tujuan belajar

Ketika Sobat kehilangan semangat belajar atau sedang berada di titik lelah karena terlalu banyak belajar, yuk coba untuk review lagi dan tanya kepada diri sendiri dengan pertanyaan-pertanyaan, seperti "Kenapa saya harus belajar?".

Jawaban untuk pertanyaan tadi hanya kalian sendiri yang memilikinya. Misal, dengan belajar Sobat merasa bisa menambah ilmu pengetahuan, bisa mengembangkan diri, dan agar bisa mendapat nilai yang memuaskan.
Coba untuk memiliki tujuan yang lebih kongkret dan spesifik, agar Sobat bisa kembali giat belajar. Kalian juga bisa memacu diri Sobat untuk mendapat goals jangka pendek. Jadi, tentukan goals kalian mulai dari sekarang.

 
2. Membuat motivation board
 

Entah itu dengan cara membeli atau membuat sendiri motivation board tersebut. Di motivation board ini kalian bisa mulai mengisinya dengan membuat target nilai ujian atau gambar kampus impian. Sobat bisa menulisnya di atas post it dan ditempelkan pada motivation board.

Tujuan dari motivation board ini adalah untuk mengingatkan Sobat, bahwa ada goals yang ingin dan harus Sobat capai.

3. Positive thinking


Dalam belajar, Sobat pasti mendapat gangguan yang datang dari mana saja, baik itu gangguan yang berasal dari eksternal maupun internal. Namun Sobat harus kembali lagi kepada goals yang ada di motivation board tadi. Sobat harus tetap fokus dan berpikir positif.

Kalian bisa memulai hal ini dengan berbicara pada diri sendiri mengenai hal-hal baik dan positif, misalnya kalian berkata, "Aku pasti bisa!" atau "Aku sudah melakukan hal yang terbaik. Semangat!”.

4. Buatlah agenda atau jadwal harian


Waktu harian Sobat tidak hanya dihabiskan untuk mengerjakan tugas dan bekerja saja. Sobat juga butuh waktu luang untuk melakukan hal-hal yang kalian sukai. Semuanya harus balance antara pekerjaan, tugas, dan waktu untuk kalian bersenang-senang.

Agar tidak jenuh saat harus belajar, mulailah dengan menyusun agenda harian kalian tentang hal-hal apa saja yang akan Sobat lakukan setiap harinya. Hal ini bisa membantu juga dalam mendisiplinkan diri.

5. Selektif dalam memilih teman

Teman yang baik dan penuh dengan energi positif bisa membuat Sobat ikut terbawa dalam energi positif itu. Ketika kalian ingin memiliki semangat belajar yang stabil, Sobat juga memerlukan seorang teman yang kebiasaan baiknya bisa menular kepada orang-orang di sekelilingnya. Teman seperti itu bisa membuat Sobat dengan hati yang lebih riang dan ringan.

Lima hal tadi bisa menjadi referensi Sobat dalam memotivasi diri untuk terus belajar dengan giat. Karena ketika kalian mampu belajar dengan giat, pasti ada banyak hal positif yang menjadi benefit tersendiri untuk Sobat di masa depan. Jadi, yuk mulai kembalikan semangat belajar Sobat and say no to mager!


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.