Apa Saja Penyakit Yang Paling Rawan Untuk Lansia?

  • Jumat, 27/09/2019 - 10:10 WIB
Halo Sobat Souja, ketika seseorang sudah mulai memasuki masa lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun, sejumlah penyakit rawan mereka alami. Berdasarkan laporan NICE Guideline, Multimorbidity: Clinical Assessment and Management 2016, ada 10 penyakit yang sering dijumpai pada lansia.


1. Hipertensi


2. Arthritis (radang sendi)


3. Stroke


4. COPD (penyakit paru-paru yang mengakibatkan penderitanya sulit bernapas)


5. Diabetes melitus


6. Kanker


7. Penyakit jantung koroner


8. Batu ginjal


9. Gagal jantung


10. Gagal ginjal kronis


Menurut dokter spesialis penuaan (geriatri) Siti Setiati, dari 10 penyakit di atas, ada tiga penyakit utama yang harus diperhatikan lansia.


"Hipertensi, diabetes melitus, dan penyakit jantung koroner," katanya.


Ini karena penyakit ini bisa membuat lansia semakin berkurang kualitas hidup. Pengobatan dan perawatan penyakit saat lansia juga butuh penanganan maksimal.


Ketika menua, penyakit yang diderita lansia bisa lebih dari satu penyakit. Contohnya, satu lansia bisa mengalami hipertensi dan diabetes.


"Bahkan saya juga menangani satu pasien lansia yang (alami) diabetes iya, hipertensi iya, dan kencing manis juga," ujar Siti yang berpraktik di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.


Selain itu, lansia juga mengalami masalah psikososial, seperti demensia dan depresi. Ini terjadi penurunan fungsi otak.


"Pada akhirnya para lansia juga butuh pengasuh atau ada seseorang yang merawatnya, yang menemaninya juga," tandasnya.

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.