Benci Suatu Suara, Bisa Jadi Sobat Souja Misophonia

  • Senin, 23/09/2019 - 09:02 WIB

Sobat Souja termasuk yang sering terganggu dengan suara-suara? Misalnya saja ketika mendengar suara orang mengunyah, batuk, atau bersin, Sobat Souja merasa kesal dan ingin menghindarinya. Jika iya, bisa saja Sobat Souja mengalami misophonia.


Banyak orang dengan misophonia bereaksi dengan suara tertentu dari orang lain. Biasanya kondisi ini terjadi bersama dengan kondisi seperti gangguan kompulsif obsesif, masalah kecemasan, atau sindrom Tourette.

Para ahli tidak yakin penyebab seseorang mengalami misophonia karena gangguan mental atau neurologis. Tetapi mereka mencurigai setidaknya beberapa masalah itu berhubungan.

Kondisi misophonia mungkin pertama kali muncul ketika cemas dan tiba-tiba mendengar suara orang misalnya saja mengunyah. Atau ketika waktu makan di rumah Sobat Souja begitu menegangkan sehingga Sobat Souja menganggap menyunyah itu menjengkelkan.

Seiring waktu, Sobat Souja mungkin mulai merasa cemas setiap kali Sobat Souja mendengar seseorang mengunyah.

Seperti dikutip WebMD, orang-orang dengan misophonia seringkali memiliki lebih banyak myelin, suatu selubung penyekat berlemak pada sel-sel saraf di otak mereka.  "Suara pemicu" menyebabkan lebih banyak aktivitas di bagian otak mereka yang terkait dengan emosi seperti ketakutan dan juga kenangan jangka panjang. Tetapi para ilmuwan tidak tahu pasti apakah tanda-tanda fisik ini adalah penyebab misophonia.

Gejala

Kondisi ini tak memiliki gejala resmi, tapi dokter kemungkinan akan mencari beberapa tanda kunci: Sobat Souja sangat sensitif terhadap suara tertentu atau bahkan memikirkannya. Suara itu mengganggu, menakuti, atau membuat Sobat Souja marah, mungkin menyebabkan Sobat Souja berteriak atau menyerang. Sobat Souja secara aktif menghindari suara-suara tertentu. Respons Sobat Souja dapat saja mengganggu pekerjaan, sekolah, keluarga, atau kehidupan sosial Sobat Souja.

Misophonia belum ada obat atau terapi yang terbukti. Tapi beberapa pendekatan bisa menjanjikan. Misalnya terapi bicara bisa membantu Sobat Souja memahami. Seorang dokter atau terapis mungkin dapat membantu membimbing Sobat Souja melalui pilihan perawatan Sobat Souja untuk menemukan yang paling cocok untuk Sobat Souja.

Sumber Artikel : liputan6.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.