Dampak Bahaya Mengkonsumsi Kopi Secara Berlebihan

  • Minggu, 06/10/2019 - 09:05 WIB

Hi, Sobat Souja!
Penting untuk diketahui bahwa kandungan kafein yang terlalu banyak di konsumsi bisa berakibat buruk bagi kesehatan Sobat lho. Batas aman komsumsi kopi bagi orang dewasa adalah berat badan normal tanpa riwayat penyakit. Dengan 400mg /hari merupakan jumlah yang sama dengan 4 cangkir kopi. 
Karena jika terlalu banyak akan menimbulkan efek negatif. Berikut penjelasannya:

1. Menyebabkan Depresi
Dilaporkan bahwa kandungan kafein yang terlalu tinggi menyebabkan depresi dan menurunkan mood. Peningkatan kafein ini mempengaruhi produksi dopamine , namun menciptakan sebuah ketergantungan yang sangat tinggi. Selama Sobat belum minum kopi, dopamine akan menurun sehingga Sobat merasa tertekan, sedih, serta depresi.    

2.  Kecanduan
Percaya atau tidak, kopi memang dapat menyebabkan kecanduan! Kecanduan pada kopi bukan berarti Sobat harus mengkonsumsi setidaknya 20 gelas kopi setiap hari. Kecanduan kopi berarti Sobat harus mengkonsumsi setidaknya 1 gelas kopi setiap harinya. Penderita kecanduan kopi berat biasanya tampak gelisah, berkeringat dingin, mudah marah, dan mengalami gemetar pada tangannya hingga mereka mengkonsumsi kopi.
 
3. Insomnia
Sobat tentunya telah mengetahui bahwa mengkonsumsi terlalu banyak kopi dapat mengganggu tidur malam, terutama bila Sobat meminum kopi di sore atau malam hari. Hal ini bukan dikarenakan tubuh Sobat berbeda, tetapi justru karena tubuh mu sudah kebal terhadap kopi karena Sobat telah mengkonsumsi terlalu banyak kopi.

4. Kolesterol Tinggi
Mengkonsumsi kopi dapat meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida.
Efeknya, Sobat sangar rawan terkena resiko serangan jantung. Mengkonsumsi kopi berlebih, mempunyai resiko penyakit jantung yang sangat tinggi.
Tentunya hal tersebut dapat membahayakan kesehatan mu.

Sebaiknya tetap waspada dan pastikan minum kopi tidak lebih dari 200mg/hari. Maka mulai sekarang, batasi minum kopi ya Sobat Souja!


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.