Jangan Tertipu Dengan Keindahannya. Berikut Jenis Tanaman Hias Yang Perlu Sobat Ketahui !

  • Senin, 07/10/2019 - 09:42 WIB

Halo! Sobat Souja, warna-warni tanaman hias yang cantik selain dapat membuat rumah semakin sejuk juga akan menambah aksen semarak pada rumah dan energi positif bagi penghuninya.

Namun siapa sangka, dibalik rupa tanaman hias yang cantik, ternyata ada beberapa tanaman hias yang beracun dan berbahaya bagi makhluk hidup. Yuk, kenali jenis jenis tanaman hias beracun di bawah ini!

1. Kuping Gajah

Sebagai tanaman hias termasuk ke dalam keluarga talas dan keladi yang menyimpan racun.
Walau bentuk dan warnanya sangat indah sebagai tanaman hias, namun daun kuping gajah dapat menyebabkan dinding saluran pernapasan membengkak bahkan menutup jalan masuk dan keluarnya udara.
Hindari juga anak-anak dari tanaman hias ini, si Kecil yang senang bereksplorasi bisa saja menggosok dau kuping gajah ke tangannya. Padahal ini akan menyebabkan kulitnya gatal dan seperti ada sensai terbakar.

Daun tanaman hias ini apabila sampai tertelan dapat memicu terjadinya pembengkakan pada lidah dan mulut. Dalam jangka panjang, efeknya dapat mengakibatkan kesulitan bernapas.

2. Bunga Lily

Bunga lily termasuk tanaman hias yang indah ketika menghiasi setiap sudut di rumah. Warna putih dari bunga lily terkesan elegan, sehingga banyak orang yang menyukainya.

Saat peliharaan di rumah berusaha untuk menjilat atau memakan daun bunga lily walau sedikit dapat berdampak negatif karena menyebabkan sakit perut dan muntah-muntah.
Tak hanya itu, racun dari bunga lily dapat menyebabkan hewan peliharaan di rumah mengalami gagal ginjal akut hingga kematian.

3. Lidah Mertua

Salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer dan digemari banyak orang yaitu lidah mertua. Tanaman ini menghiasi setiap pot di dalam rumah.
Jika diperhatikan bentuknya, lidah mertua memiliki bentuk seperti pedang. Walau terlihat indah perlu disadari bahwa tanaman hias ini beracun, meskipun kadar racunnya tidak terlalu tinggi.
Efek samping yang bisa ditimbulkan dari tanaman ini bisa memicu muntah-muntah dan diare.

5. Sri Rejeki

Sebagai tanaman hias tanaman ini eringkali disebut dengan daun bahagia atau sri rejeki. Sri rejeki termasuk jenis tanaman hias yang diincar oleh para pecinta tanaman.

Namun, mungkin banyak yang belum menyadari bahwa tanaman hias ini mengandung getah beracun pada bagian daun serta batangnya. Terdapat kalsium oksalat yang terkadung di dalam batang dan daunnya, sehingga menyebabkan gatal-gatal pada bagian bibir dan lidah. Bahkan sri rejeki bisa mengakibatkan kejang-kejang.

Sobat souja, ada baiknya jauhkan tanaman duatas dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan untuk meminimalisir terjadinya segala risiko buruk. Meskipun tanaman hias beracun ini berbahaya, bukan berarti kamu nggak bisa menempatkanya di rumah Sobat. Sobat hanya perlu berhati-hati dan menjaga jangan sampai anak-anak atau hewan peliharaan Sobat memakannya.


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.