Lebih Baik Makan Sebelum Berenang Atau Sesudah Berenang? Ini 3 Jawabannya!

  • Rabu, 18/09/2019 - 08:07 WIB
 

Hallo Sobat Souja, mungkin Sobat pernah mendengar sebuah saran yang menyebutkan kalau sebaiknya makan dilakukan setelah berenang. Namun, banyak orang yang justru makan sebelum berenang. Sebenarnya kapankah waktu yang tepat untuk makan agar perut terasa nyaman, sebelum atau sesudah berenang? Yuk, cari tahu jawabannya di artikel berikut ini!

 


1. Anjuran untuk menghindari makan berat sebelum berenang

Menurut ahli diet dan trialthon, Cindy Dallow, PhD, mengutarakan jika setelah makan ingin langsung berenang itu merupakan pilihan pribadi. Sebenarnya tidak ada aturan baku yang mengutarakan bahwa Sobat harus menunggu setengah jam sebelumnya. Hanya saja kondisi tersebut bisa menjadi pertimbangan jika Sobat sehabis makan dengan porsi yang besar dan banyak.

Selaras dengan pendapat di atas, Kim Evans, ACE, koordinator kebugaran di Spring Lake Fitnes dan Aquatic Center, menyarankan sebaiknya Sobat menunggu sejenak setelah makan besar jika perut terasa begah atau kekenyangan. Istirahat dan tunggulah beberapa waktu sampai Sobat merasa perut membaik dan siap untuk berenang. Hal ini berlaku saat Sobat menyelesaikan makanan tinggi lemak atau protein tinggi, karena lemak dan protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat. Berolahraga setelah mengonsumsinya dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada tubuh.

 

 


2. Lakukan pemanasan dengan intensitas rendah

Memang tidak ada bukti khusus yang menunjukkan berolahraga renang, khususnya setelah makan, itu berbahaya. Tetapi sebaiknya Sobat perlu menghindari olahraga yang terlalu berat. Sobat bisa berenang dengan gaya yang ringan dan tidak melelahkan. Di awal-awal, jangan langsung melakukan gaya dada atau bebas yang membutuhkan kekuatan penuh atau lakukan secara bertahap saat tubuh sudah merasa kuat. Berenang termasuk olahraga yang aman jika dilakukan pada intensitas yang wajar, maka lakukan sewajarnya. Jangan terlalu banyak melakukan manuver agar perut Sobat tidak kaget sebelum berenang dan untuk menghindari terjadinya kram perut lakukan pemanasan dengan intensitas yang rendah terlebih dahulu sebelum berenang.

 

 


3. Jika lapar sebelum berenang konsumsi makanan ringan saja

Jika perut Sobat terasa lapar saat ingin berenang, jangan khawatir karena Sobat tetap diperbolehkan mengonsumsi makanan ringan. Berenang saat perut kosong juga tidak dianjurkan sebab dapat mempermudah terjadinya kram karena tidak ada proses pembakaran. Pilihlah menu makanan yang ringan dan mudah dicerna. Hindari mengonsumsi makanan tinggi lemak, protein, makanan tinggi serat, seperti jus buah, sebab semua makanan ini membutuhkan waktu cerna yang lebih lama yang akan membuat perut Anda terasa tidak nyaman saat berenang. Sobat juga perlu menghindari kopi karena bisa menyebabkan diare serta mual, kemudian es krim dan makanan pedas karena akan membuat kandungan asam meningkat. Tetapi jika dikonsumsi setelah usai berenang boleh saja asalkan dalam batas yang aman.

 


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.