Sering Kehilangan Barang? Kenali Fenomena DOP

  • Sabtu, 12/10/2019 - 09:51 WIB

"Perasaan tadi kunci motornya aku taro sini, kok sekarang nggak ada ya?"

Siapa di antara Sobat Souja yang pernah mengalami hal serupa? Kehilangan barang-barang penting seperti kunci motor atau remot tv ketika hendak digunakan, lalu tak lama setelahnya atau bahkan beberapa hari kemudian, objek tersebut ditemukan pada tempat yang biasanya disimpan. Terdengar aneh memang, namun sebenarnya kejadian seperti ini memiliki penjelasan. Fenomena objek menghilang atau Disappearing Object Phenomena (DOP) merupakan sebutan bagi kejadian semacam ini. Untuk menjelaskan hal tersebut, keep scrolling!

Kebingungan

Ketika sebuah barang hilang, Sobat Souja pasti terlebih dahulu mempertimbangkan kemungkinan paling dekat. Pada kenyatannya, inilah yang menjawab kenapa DOP sering terjadi, hanya karena Sobat Souja kebingungan, salah menempatkan objek tersebut atau lupa meletakkannya. Sebagai contoh, Sobat Souja lupa meletakkan ikat rambut yang biasanya Anda letakkan di atas meja rias, namun ketika dicari, ikat rambut itu tidak ada. Padahal sebenarnya, tanpa sadar Anda membawa ikat rambut tersebut ke ruang tamu dan meletakkannya di atas meja ruang tamu. Sehubungan dengan kejadian seperti ini, Sobat Souja harus mempertimbangkan kemungkinan lain, tak hanya kemungkinan paling dekat.

Dipinjam Orang Lain

DOP bisa terjadi juga karena Sobat Souja lupa sedang meminjamkan ikat rambut ke orang lain. Ketika ikat rambut tersebut lenyap, sebagai pencarian awal, Sobat Souja akan menanyakan pada anggota dalam rumah atau teman samping kamar kost Sobat Souja. Meskipun ketika di tanya, tak seorang pun dari mereka yang mengaku meminjam objek tersebut sehingga membuat Sobat Souja kesal. Kemungkinan selanjutnya, ketika melihat Sobat Souja kesal, sang peminjam alih-alih memberi tahu bahwa ia yang meminjam ikat rambut, ia akan langsung meletakkannya di meja rias tanpa memberi tahu terlebih dahulu.

Nah, ini lah yang kemudian membuat DOP benar-benar terjadi, saat melihat ikat rambut Sobat Souja sudah ada kembali pada meja rias. Meskipun begitu, banyak orang yang menyangkut pautkan kejadian semacam ini dengan hal-hal gaib. Walaupun sebenarnya, hanya masalah komunikasi yang tak lancar.

Hilang Secara Misterius

Kembali ke cerita di atas ketika Sobat Souja kehilangan ikat rambut dan tak ada seorang pun yang mengaku meminjamnya. Beberapa saat setelahnya ketika Sobat Souja kembali ke meja rias, ikat rambut tersebut sudah kembali di tempat semula. Hal seperti ini biasanya disangkutpautkan dengan istilah objek yang transparan.

Sebenarnya, tak ada hipotesisi ilmiah yang menjelaskan bahwa sebuah objek bisa berubah menjadi objek tembus pandang atau transparan dan bisa sewaktu-waktu kembali ke tempatnya sendiri. Namun, itulah efek yang dirasakan oleh orang yang mengalami DOP dan menimbulkan berbagai pertanyaan. Jawaban para ahli pun sederhana, bisa jadi ini hanya fenomena psikologis di mana sebenarnya objek benar-benar ada, tetapi perhatian Anda teralihkan ke tempat lain sehingga tak benar-benar melihatnya pada meja rias.


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.