Bagi mereka yang memiliki sindrom insomnia, tidur merupakan perjuangan, padahal tidur tidak perlu bany" />

Sering Susah Tidur? Berikut Kiat Agar Pulas Hanya Dalam 1 Menit

  • Rabu, 25/09/2019 - 07:56 WIB
Bagi mereka yang memiliki sindrom insomnia, tidur merupakan perjuangan, padahal tidur tidak perlu banyak energi dan pikir panjang. 

Ada beberapa cara yang lebih scientific agar Sobat cepat tertidur. Bahkan hanya dalam wakltu 1 menit saja. Penasaran caranya?!

1. Meski kelihatannya kolot, menetapkan jam tidur menjadi langkah utama yang sangat penting demi ketercukupan asupan tidurmu memang harus di disiplinkan. Mungkin terkesan memaksakan, apalagi buat Sobat yang nggak terbiasa tidur dengan penjadwalan waktu. Alias Sobat akan tidur ‘sengantuknya’ atau nggak bakal tidur kalau nggak ngantuk. Dan dengan berat hati  harus dikatakan, Sobat telah menyia-nyiakan waktu.
Nah, mulai sekarang, cobalah untuk mengatur jam tidur Sobat !

2. Benamkan wajahmu dalam air dingin selama beberapa saat untuk memberi efek menenangkan
Salah satu cara untuk mendatangkan kantuk adalah dengan membenamkan wajah dalam air dingin selama beberapa saat.
Siapkan air dingin dalam wadah, lalu benamkan wajahmu ke dalamnya, lakukan bertahap selama 30 detik perlahan-lahan.
Menenggelamkan wajah dalam air dingin akan memicu fenomena paksa yang disebut dengan dive reflex. Cara ini akan menurunkan denyut jantung dan tekanan darah, yang berarti sistem sarafmu sedang diatur ulang untuk menenangkan tubuh. 

3. Lakukan latihan pernapasan 4-7-8, maka Sobat akan tertidur hanya dalam hitungan detik.
Teknik menenangkan pikiran dan relaksasi tubuh dengan mengatur pernapasan dalam beberapa tahapan.

Caranya:
Keluarkan napas panjang lewat mulut.
Tarik napas panjang melalui hidung dalam hitungan 4 detik.
Tahan napas selama 7 detik.
Keluarkan napas lewat mulut dengan bunyi, lakukan hitungan sampai 8.
Ulangi langkah di atas sebanyak 4 kali.
Cobalah fokus untuk menghirup dan menghembuskan napas dengan benar.  Baik di lakukan pagi hari atau waktu luang serta menjelang tidur.

4. Cobalah tidur terlentang di atas ranjang dengan penerangan kamar temaram dan biarkan mata terbuka. Katakan “aku nggak akan tidur” berulang-ulang. Tebak apakah Sobat akan tetap terjaga atau justru tertidur nggak sengaja?

5. Pijitlah titik-titik pemicu tidur dengan lembut. Sobat yang sensitif dengan sentuhan akan merasakan efeknya.
Tubuh kita memiliki titik-titik tertentu yang jika ditekan atau dipijit akan menimbulkan efek tertentu. Disarankam untuk memijat lembut area titik di antara alis, titik di antara jempol dan telunjuk kaki kanan, atau titik di bawah kuku telunjuk kaki kanan.

Caranya:
Letakkan jempol tangan pada titik diantara alis di bagian atas hidung, di mana terdapat sedikit lekukan. Pijat lembut dan tahan selama 20 detik, lepaskan sebentar dan lakukan berulang.
Duduklah dan tempatkan kaki kanan di lutut kiri. Pijatlah titik diantara jempol kaki dan telunjuk selama 20 detik, lepaskan sebentar dan ulangi pijatan.

Terakhir, cobalah untuk menyembunyikan ponsel Sobat dan fokuslah untuk pergi tidur. Terus-menerus memeriksa ponsel hanya akan meningkatkan stres sehingga sulit untuk menghambat sistem saraf yang mengatur tidurmu. Kecenderungan lainnya, menatap layar ponsel selama Sobat sedang berusaha tidur justru membuatmu semakin kuatir dan takut Sobat nggak akan tertidur.

Supaya begadang nggak jadi kebiasaanmu, cara-cara tadi bisa lho dipraktikkan demi kualitas tidur yang lebih baik. Nggak cuma tubuhmu yang jadi lebih sehat, pikiran serta mood-mu pun akan membaik di setiap harinya.
 
Semoga dapat membantu ya Sobat Souja!

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.