Terkena Gas Air Mata? Begini Cara Mengatasi Dengan Benar.

  • Selasa, 01/10/2019 - 10:34 WIB
Hi, Sobat Souja, Suasana sedang memanas pada titik ruas jalanan sekitar gedung DPR di Jakarta, ribuan mahasiswa menyuarakan aspirasi mereka terhadap pemerintah yang kurang bijak dalam membuat rancangan undang-undang, desakan ini mengakibatkan bentrok antara mahasiswa dan juga aparat kepolisian untuk membubarkan masa dengan cara mengeluarkan water canon serta gas air mata.
 
gas air mata
source: google 

Jika Sobat berada di sekitaran lokasi demonstrasi dan terkena gas air mata umumnya akan menimbulkan rasa panas dan pedih pada mata. Untuk mengatasi ini, seringkali kita melihat pemakaian odol atau pasta gigi pada wajah (di bawah mata), tapi apakah ampuh mengatasi gas air mata?

Beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa penggunaan odol tidak mampu meredakan dampak gas air mata dikarenakan efek gas air mata timbul akibat terhirup oleh hidung yang menyebabkan rasa perih dan merangsang keluarnya air mata. Bahkan pemakaian odol malah dapat menyebabkan iritasi pada mata. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika terkena gas air mata?

Berikut ini 4 cara mengatasi tembakan gas air mata:

1. Jauhi lokasi demonstrasi dan keramaian
Segera menjauh dari lokasi demonstrasi dan keramaian di mana merupakan sumber tembakan gas air mata. Carilah udara segar untuk membantu mengurangi iritasi pada mata.

2. Basahi mata dengan air dingin
Bila mata terkena gas air mata, segera bilas mata dengan air dingin. Lakukan pembilasan dari dalam ke luar. Jangan menggunakan air panas, karena air panas dapat membuka pori-pori kulit dan membuat bahan kimia yang terkandung dalam gas air mata meresap ke dalam kulit dan membuat iritasi menjadi semakin parah.

3. Ganti pakaian
Residu gas yang terkandung di dalam gas air mata cenderung akan menempel pada pakaian, sehingga segera ganti pakaian Anda yang terkontaminasi gas air mata tersebut.

4. Jangan menggosok mata
Ketika terkena gas air mata, jangan menggosok mata atau wajah dengan tangan karena ini malah akan mengaktifkan kristal gas air mata. Tetapi tak hanya berdampak pada mata, seluruh tubuh terutama kulit yang terkena gas air mata juga harus dicuci bersih dengan air dan sabun.
 
 
Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Sobat Souja ya! tetap wasapada dan berhati-hati. 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.