Ternyata Banyak Bakteri Pada Alat Kerja Sobat

  • Selasa, 01/10/2019 - 10:36 WIB

Halo! Sobat Souja, apakah Sobat berprofesi sebagai pegawai kantor? Jika benar, sebagai pegawai kantoran tentu saja Sobat akan lebih banyak menghabiskan waktu di kantor, mulai dari pagi sampai malam, bukan? Bahkan, bisa dikatakan bahwa kantor merupakan rumah kedua bagi Sobat.

Sebab, kebanyakan pegawai kantoran lebih sering pulang malam dengan berbagai alasan, salah satunya karena tugas yang belum selesai. Sesampainya di rumah, Sobat pasti akan sangat lelah dan langsung tertidur dengan pulas.

 



Hal ini adalah sebuah aktivitas rutin yang biasa dialami oleh pegawai kantoran. Yang mana, kantor menjadi tempat menghabiskan waktu lebih banyak, bila dibandingkan dengan rumah. Tentu saja kebiasaan ini ada baik dan juga buruknya.

Hal baiknya, Sobat adalah seorang yang beruntung karena memiliki kesempatan bekerja dan memiliki masa depan cerah. Namun, kabar buruknya tentu saja berkaitan dengan urusan kesehatan. Sebab, seperti yang diketahui, kebiasaan duduk seharian di kantor sangatlah tidak baik dan bisa memicu datangnya berbagai macam jenis penyakit bagi fisik.

Selain itu, ada hal lain yang sering menyebabkan pegawai kantoran menjadi lebih rentan sakit, yaitu kontak langsung dengan benda-benda atau fasilitas kantor. Dari penelitian terbaru, menyebutkan bahwa benda-benda dan fasilitas kantor ternyata menyimpan kotoran dan bisa mengancam kesehatan.

Agar lebih jelas, berikut adalah benda - benda di kantor yang mengancam Sobat karena menyimpan kotoran dan bakteri di dalamnya.

 

1. Keyboard

 

Sebagai pegawai kantoran, tentu saja komputer adalah hal utama yang Sobat gunakan sehari-hari, bukan? Salah satu peranti dari komputer yang kontak langsung dengan Sobat adalah keyboard. Nah, keybord inilah yang nantinya bisa memicu masalah kesehatan Sobat. Sebab, tanpa Sobat sadari sebenarnya pada sela-sela keyboard terdapat berbagai macam kotoran, baik debu ataupun sisa makanan bagi Sobat yang hobi makan saat kerja.

2. Mouse

 
Selain keyboard, ada satu lagi peranti yang setiap hari terkontak langsung dengan Sobat, yakni mouse. Ya, Sobat akan memegang dan mengendalikan mouse setiap hari. Tentu saja, akan ada banyak bakteri yang menempel pada mouse itu, apalagi jika digunakan secara bergantian. Untuk itu, jangan lupa untuk sering membersihkan mouse dengan produk pembersih yang sifatnya anti bakteri.

3. Headset

 
Alat dengar yang satu ini mungkin tidak terlalu penting untuk membantu pekerjaan Sobat, tapi sangat penting dalam menemani kerja Sobat, bukan? Ketika rasa jenuh dan bosan datang, memang paling tepat mendengarkan musik. Namun, jangan pernah meninggalkan headset Sobat di kantor, sebab Sobat tidak pernah tahu apa yang menempel padanya jika kamu biarkan begitu saja di meja kantor. Lebih baik bungkus dengan tempat bersih atau masukkan ke dalam tas.

4. Fingerprint

 
Fingerprint merupakan salah satu benda di kantor yang akan terkontak langsung dengan setiap pegawainya. Bahkan, alat ini digunakan bergantian dengan menempelkan jari. Tentu saja ada risiko menularnya bakteri dari tangan ke tangan. Untuk itu, sedialah tisu atau produk pembersih bakteri lainnya untuk berjaga-jaga.

5. Printer

 

 

Siapa sangka, benda yang sering Sobat gunakan di kantor ini juga berpotensi sebabkan masalah kesehatan, khususnya flu. Sebab, tanpa Sobat sadari, pada sela-sela printer ada debu yang menempel dan sulit dijangkau. Sehingga, saat Sobat gunakan printer, besar kemungkinan debu itu akan masuk ke dalam hidungmu dan mengganggu pernapasan.

6. ATK Umum

 
Selanjutnya, benda-benda yang cukup berpotensi menyebabkan masalah kesehatan di kantor adalah ATK atau alat tulis kantor. Ada banyak jenis ATK, mulai dari puplen, buku, pensil, gunting, kalkulator, spidol, lakban, stempel, dan masih banyak lagi. Jika ATK itu digunakan untuk umum, maka bisa menyebabkan penularan bakteri sehingga Sobat perlu sering-sering membersihkan tangan Sobat.


7. Telepon


Dan yang tak kalah penting lagi adalah telpon kantor. Ya, telpon kantor memang sering digunakan sebagai alat komunikasi bergantian untuk menghubungi klien atau rekan bisnis. Dari hasil riset terkini, menyebutkan bahwa pada telpon umum terdapat ribuan bakteri bersarang yang bisa masuk melalui kulit dan hirupan napas.
 
Nah Sobat, tetap jaga kebersihan ketika sedang dan selesai bekerja ya. Karena Bakteri yang menempel dapat mempengerauhi kesehatan kita

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.