Tips Merawat Softlens Agar Selalu Higienis

  • Sabtu, 05/10/2019 - 00:04 WIB

Sobat Souja, lensa kontak sudah menjadi bagian gaya hidup wanita Indonesia. Beberapa wanita yang tidak mengalami permasalahan mata juga menggunakan lensa kontak untuk menunjang penampilan. Blogger dan beauty enthusiast, Sasyachi, pun mengatakan selalu memakai softlens ketika beraktivitas agar wajahnya terlihat lebih segar dan membuat penampilan semakin menarik.

 

 

Ketika selalu mengenakan softlens maka Sobat juga harus bisa menjaga kebersihannya. Berikut tips merawat softlens :

1. Pastikan Tangan Bersih
Agar softlens selalu bebas dari kuman, pastikan tangan bersih ketika memasang atau melepasnya. Sasya menyarankan untuk wanita mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memegang softlens. Permukaan softlens sangat tipis dan langsung bersentuhan dengan mata. Bila tangan Anda berdebu atau mengandung kuman tidak menutup kemungkinan bisa langsung 'mencemari' mata Anda sehingga terjadi iritasi.

"Sebenarnya yang gampang pakai softlens harian yang bisa langsung dibuang setelahnya. Nah kalau pakai softlens yang bulanan harus lebih rajin, saat pasang dan lepas harus cuci tangan dulu, jangan lupa pakai sabun untuk memastikan bakteri di ujung jari hilang," saran Sasya saat berbincang dengan Wolipop secara langsung di acara Acuvue, restoran Locanda, Panin Bank, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (27/4/2016).

2. Rutin Ganti Cairan Softlens
Rajinlah mengganti cairan softlens dalam tempatnya. Sasya menyarankan untuk mengganti airnya setiap tiga hari sekali supaya tetap bersih. Saat mengganti airnya, tidak lupa juga cuci lensa kontak Anda.

"Cuci juga softlens di atas telapak tangan menggunakan ujung jari selama satu menit. Ganti setiap tiga hari sekali karena kalau kelamaan itu lemak di permukaan softlens akan semakin menumpuk nanti bisa perih saat dipakai," ujar ibu satu anak itu.

3. Jaga Jangan Sampai Mata Kering
Ketika menggunakan lensa kontak, jaga softlens jangan sampai kering di mata. Selain mengganggu aktivitas Anda, softlens yang kering bisa berisiko jatuh, robek, hingga menyebabkan iritasi. Jangan lupa bawa cairan khusus lensa kontak dan teteskan ke mata sekitar dua jam sekali.

4. Pakai Kacamata Saat Naik Motor
Cheni Lew selaku Professional Affairs Manager Johnson & Johnson Vision Care Indonesia menyarankan untuk memakai kacamata saat menggunakan softlens ketika naik motor. Kacamata akan mencegah debu masuk ke dalam mata. Kemudian teteskan cairan lensa kontak ketika tiba di tempat tujuan.

 

 

Source: wolipop


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.