Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Cantik Pada Saat Bulan Puasa
Jumat, 09/06/2017 - 11:25 WIB
images-artikel/kecil/Foto untuk artikel pertama.jpeg
Sumber: soulofjakarta.com
 
 
Jakarta -



Ramadhan adalah waktu untuk melakukan refleksi diri dengan berdoa dan berpuasa. Dengan menjalani puasa di dalam bulan yang penuh hikmah ini, seluruh siklus tubuh kita berubah sehingga amat mudah bagi tubuh kita untuk kekurangan cairan dan menunjukkan tanda-tanda dehidrasi seperti bibir kering dan pecah-pecah, lingkaran hitam di bawah mata, serta penampilan kulit yang kering.

 

Selama berpuasa bibir dan kulit kering mungkin menjadi masalah yang sering kamu alami. Kurangnya asupan makanan dan minuman, pola makan salah, dan jam tidur yang mengalami perubahan akan mempengaruhi kondisi kulit kamu. Jangan sampai di hari Lebaran nanti, kulit kamu justru terlihat lebih kusam atau bermasalah. Jangan terlalu khawatir, kamu masih bisa tetap cantik saat puasa dengan mengikuti tips berikut ini.


Bagaimana menjaga kulit tetap sehat dan cantik pada saat bulan puasa?yuk di simak tipsnya girls


1.    Menjaga Asupan Cairan untuk Kulit
    

Selama lebih dari 12 jam, kamu tidak akan mendapatkan asupan cairan karena berpuasa. Hal ini tidak hanya membuat tubuh kamu kekurangan cairan, tapi juga membuat kulit kamu jadi tidak terhidrasi dengan baik. Usahakan dari waktu berbuka puasa hingga sahur, cukupi kebutuhan cairan kamu. kamu bisa menggunakan rumus 2-4-2, dua gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam, dan dua gelas saat sahur.
    

Menurut penelitian International Journal of Cosmetic Science, minum 2,25 liter air atau setara dengan 9,5 gelas setiap harinya akan meningkatkan ketebalan dan kepadatan kulit. Ingatlah bahwa menjaga asupan cairan untuk kulit sama dengan menjaga kelembapan kulit dan membuat kulit kamu tetap cantik saat puasa.



2.    Perbanyak Makan Buah Saat Berbuka Puasa dan Sahur
    

Jangan hanya sop buah atau gorengan-gorengan yang kamu masukkan ke dalam menu berbuka puasa atau sahur. Pastikan kamu banyak mengonsumsi buah-buahan segar untuk memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit.
    

Pilihlah buah-buahan yang banyak mengandung air, karena selain dapat memberikan nutrisi untuk kulit kamu, buah yang mengandung banyak air akan memberikan cairan yang dibutuhkan tubuh. kamu bisa memilih semangka, stroberi, atau tomat. Menjaga asupan buah saat puasa dapat membuat kulit tetap cantik saat puasa.



3.     Tidur Tepat Waktu
    

Pola tidur ternyata juga berpengaruh terhadap kelembapan kulit. Pola tidur yang salah atau terlalu malam membuat kita menjadi kesulitan bangun di pagi hari untuk sahur.


Jika tidak sahur, otomatis jumlah cairan dan asupan seharian itu akan terganggu. Dampaknya tentu saja akan terasa di tubuh, terutama pada kulit. Kulit akan terasa kering dan kasar. Kulit kering adalah ciri utama dari dehidrasi. Jika dilanda dehidrasi, beberapa organ lainnya akan terganggu. Salah satunya otak, sehingga kita sulit untuk konsentrasi.



4.    Olahraga Ringan
    

Olahraga ringan juga dapat memberikan efek positif bagi kulit. Kulit akan menjadi lebih segar dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar sehinga nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit tersalurkan dengan baik.



5.    Gunakan Pelembap Wajah
  

Mengingat saat berpuasa di bulan Ramadan cairan yang terdapat dalam tubuh banyak berkurang, sebaiknya tak lupa menggunakan pelembap untuk menjaga kelembapan alami wajah.
    

saat Anda beraktivitas di dalam ataupun di luar ruangan. Pelembap akan memaksimalkan fungsi kolagen karena berperan seperti spon yang menyerap kadar air lalu menahannya, sehingga kulit selalu dalam keadaan lembap dan halus. Aplikasikan pelembap setiap pagi dan siang hari pada wajah dan leher.



6.    Minimalkan Makeup dan Pakai Busana Berbahan Nyaman
    

pakaian dari bahan yang nyaman dan menyerap keringat. Agar kulit wajah terlindung dari sinar matahari, gunakan pelindung seperti kerudung, payung, kacamata, dan tentu saja, tabir surya.

    

Aplikasikan make up dalam kombinasi warna yang cerah tetapi tidak terlalu menyolok, agar kulit terkesan segar dan berseri. Pilih makeup dengan kandungan yang tak membuat kulit kering.
    

Nah sekian tips dari Souja, semoga tips-tips di atas bermanfaat buat kamu girls dan pastinya tips diatas buat kamu tetap terlihat segar dan cantik walaupun sedang berpuasa. Selamat mencoba Girls!

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Selasa, 09/04/2019 - 09:46 WIB
Jumat, 05/04/2019 - 09:27 WIB
Kamis, 04/04/2019 - 10:29 WIB