5 Cara Aman Pemakaian Lensa Kontak
Rabu, 24/04/2019 - 08:55 WIB
images-artikel/kecil/6655CC4F-957D-490F-84D3-6E390EE74A8F.jpeg
Sumber: Soul Of Jakarta
 
 
Jakarta - Sobat Souja, softlens atau lensa kontak adalah pilihan yang populer untuk membantu penglihatan bermasalah. Atau terkadang, lensa kontak bisa juga dipakai hanya demi fashion. Akan tetapi, hati-hati, kalau kamu tidak merawat lensa kontak dengan baik dan benar, maka mata juga yang akan jadi korbannya.

Berikut tips-tips agar kamu terhindar dari infeksi akibat pemakaian lensa kontak yang baik dan benar ;


1. CUCI TANGAN

Sebelum memegang lensa kontak, cuci tangan sampai bersih. Gunakan sabun yang non-kosmetik. Sabun yang mengandung parfum, minyak, atau lotion meninggalkan lapisan pada tanganmu, yang bisa saja berpindah ke lensa kontak kamu ketika memegangnya, lalu menyebabkan iritasi pada mata atau penglihatan menjadi buram saat kamu memakai lensa kontak tersebut.

Setelah selesai cuci tangan, keringkan tangan dengan handuk yang bersih.

2. JAGA KEBERSIHAN LENSA KONTAK

Lensa kontak yang pakai-buang membutuhkan perawatan yang lebih mudah daripada lensa kontak yang konvensional. Untuk menghindari komplikasi pada mata, kamu harus betul-betul mengikuti panduan yang diberikan oleh para ahli mata.
Saat memasang softlens pastikan tangan dan softlens sudah dibersihkan. Jika kita menggunakan penjepit softlens sebaiknya cuci terlebih dahulu dan simpan di tempat yang bersih supaya kotoran tidak berpindah pada softlens. 

3 JANGAN SEMBARANGAN MEMILIH AIR PENCUCI LENSA KONTAK

Sediakan pencuci softlens dengan cairan khusus. Pastikan kita tidak memakai produk sembarang ya, karena bisa berdampak pada softlens dan berpengaruh ke mata kita yang bisa menyebabkan iritasi.

Apa yang membedakan kadar air pada softlens? Kadar air pada softlens berpengaruh pada kondisi mata kita. Softlens dengan kadar air tinggi dapat meneruskan oksigen lebih banyak ke mata. Sementara softlens dengan kadar air rendah akan lebih sedikit menyerap air mata jadi mata enggak cepat kering.

4. RENDAM LENSA KONTAK TERLEBIH DULU SEBELUM DIPAKAI

Sebelum digunakan, supaya softlens tetap elastis kita harus merendam terlebih dahulu sebelum dipakai. Gunakan cairan perendam khusus softlens, jangan menggunakan air biasa karena harus terjaga kesterilisasiannya.

5. CUCI ULANG LENSA KONTAK SEBELUM DIPAKAI

Untuk memastikan softlens benar-benar bersih sebelum dipasang pada mata, cuci softlens terlebih dahulu dengan cairan pembersih. Kemudian diangin-anginkan sebentar lalu pasang seperti biasa. Jika mata terasa kering, kita dapat memberikan eye drop supaya mata enggak merah dan terasa perih.

Sebelum memakai softlens, perhatikan cara merawatnya seperti di atas ini agar mata enggak iritasi ya, dan beli produk softlens di online shop yang aman dan terpercaya.
 
 
Artikel Terkait:
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Kamis, 01/08/2019 - 09:58 WIB
Senin, 05/08/2019 - 10:03 WIB
Jumat, 02/08/2019 - 08:44 WIB