5 Cara Sederhana Biar Anak Nggak Terlalu Kecanduan Youtube
Rabu, 10/04/2019 - 16:37 WIB
images-artikel/kecil/bahayayoutube - kecil.jpg
Sumber: Berbagai Sumber
 
 
Jakarta -

Sobat Souja, seperti yang kita ketahui dewasa ini Youtube menjadi hiburan yang hampir menjadi kebiasan yang dilakukan oleh semua kalangan mulai dari anak kecil maupun orang dewasa.

Karena semua orang dapat menonton youtube seharusnya para orang tua lebih sigap dalam memantau aktifitas anak mereka karena video-video di dalam youtube tidak semuanya positif ada beberapa video yang bertujuan negative bagi anak di bawah umur contohnya video yang menggunakan kata-kata kasar yang seharusnya tidak didengar oleh anak seusia di bawah 17 tahun dan lain sebagainya.

Bila sudah begini, apa yang bisa orang tua lakukan untuk mencegah si kecil mengakses video tidak layak ditonton oleh anak seusia mereka?

 

 

Berikut 5 tips agar anak nggak terlalu kecanduan youtube :

1. Aktifkan fitur "Mode terbatas" atau "Restricted Mode Fitering" di Youtube
Dalam aplikasi youtube terdapat fitur Mode terbatas atau Restricted mode fitering dengan demikian video-video dengan konten tidak pantas akan tersembunyikan.

2. Memberi tahu mana tontonan yang baik buat anak
Dengan cara ini orang tua dapat memberi tahu si kecil dalam penggunaan aplikasi tersebut mana tontonan yang layak di ihat dengan tontonan yang tidak layak di lihat oleh anak seusianya.

3. Buat playlist yang cocok di usia mereka
Pilihlah beberapa video yang cocok untuk tumbuh kembang si kecil contohnya seperti video tentang metode pembelajaran ataupun video tentang kartun yang dapat mengembangkan pengetahuan mereka.

4. Subscribe beberapa Youtuber yang memprioritaskan anak-anak sebagai penonton mereka
Dengan cara ini anak anak akan melihat beranda mereka dengan konten-konten anak saja. Contohnya animasi kartu maupun youtuber dengan konten-konten untuk anak kecil.

5. Kurangi penggunaan handphone pada anak usia dibawah 12 tahun
Cara ini adalah cara yang paling ampuh untuk menghindarkan anak kecil dengan video yang tidak baik untuk dirinya. Penggunaan handpone dapa di ganti dengan membebaskan anak bermain di luar dengan teman-teman mereka. Walau pun dijaman sekarang hampir semua orang tua membelikan anak mereka handphone di usia mereka yang masih sangat dini untuk mengenal apa fungsi dari aplikasi itu sendiri.

Selain itu, tetap saja yang paling penting adalah bimbingan orangtua dalam mengontrol anak dalam menggunakan berbagai aplikasi yang tersebar luas di internet contohnya youtube karena terkadang juga sering muncul iklan yang tidak sesuai dengan umur mereka.

Semoga tips ini bermanfaat sobat souja.

 
 
Artikel Terkait:
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Minggu, 02/06/2019 - 07:42 WIB
Minggu, 16/06/2019 - 10:22 WIB
Senin, 17/06/2019 - 09:46 WIB