6 Nasihat Umum Tentang Karir yang Belum Tentu Benar
Rabu, 10/04/2019 - 16:13 WIB
images-artikel/kecil/careerplan - kecil.jpg
Sumber: Berbagai Sumber
 
 
Jakarta -

Sobat Souja, Kehidupan manusia tidak pernah terlepas dari tantangan, cobaan dan juga rintangan, sehingga dibutuhkan saran dan nasihat supaya tidak tersesat dan meminimalisir kerugian. Banyak nasehat soal karir dan dunia kerja yang selama ini pernah Anda dengar dan mungkin menjadi panduan Anda meniti karir.

Nah berikut, enam nasihat soal karir dan dunia kerja yang sebaiknya jangan Anda telan mentah-mentah.

1. “Jangan Melamar Pekerjaan yang Mungkin Tidak Akan Menerima Anda”

Halo… Nasihat ini lebih pada menakut-nakuti dan membuat Anda tidak percaya diri.

Tidak ada salahnya mencoba melamar ke semua lowongan pekerjaan selama Anda menyukai pekerjaan yang tersedia. Jangan sampai Anda batal melamar hanya karena pesimis duluan atau merasa tidak yakin diterima.


2. “Bila Loyal pada Perusahaan Maka Karir Akan Cepat Meningkat”

Perhatian para professional, loyalitas bukan faktor yang teramat penting untuk kenaikan karir atau jabatan. Di dunia kerja seperti sekarang ini, mereka yang berkinerja baik dan berprestasi akan lebih cepat naik jabatan, ketimbang mereka yang terlalu loyal tetapi tidak memberikan kontribusi apa-apa.

Jadi baiknya Anda buktikan bahwa Anda karyawan terbaik, dan beranikan diri untuk melamar kerja ke tempat lain bila ada posisi lowong untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan pengalaman baru yang memperkaya diri Anda.


3. “Yang Penting Gaji”

Yah memang sih semua orang bekerja untuk mendapatkan uang. Namun kepercayaan ini membuat Anda bekerja seperti robot, kaku dan tidak merasa fun.

4. “Karir Harus Direncanakan, dan Semua Harus Mengikuti Rencana”

Bila dipikir sejenak, pendapat ini tidak salah. Untuk mendapatkan karir yang cemerlang Anda memang harus memiliki rencana jangka panjang dan juga jangka pendek. Anda juga harus tahu apa yang Anda inginkan.

Tetapi menjadi fleksible dan dinamis terhadap rencana yang sudah Anda buat sepertinya lebih baik. Misalnya, bila Anda punya rencana pindah kerja dalam lima tahun kedepan, bisa saja Anda pindah kerja sebelum waktu yang direncanakan karena sudah mendapatkan pekerjaan baru.


5. “Pendidikan Tinggi Solusi Penting Untuk Karir yang Baik”

Ehm.. Banyak kok orang sukses zaman sekarang yang tidak sempat mengenyam pendidikan tinggi. Mereka bahkan bisa meraih posisi dan membawahi orang-orang yang justru perpendidikan lebih tinggi. Ada banyak cara menuju karir yang sukses selain pendidikan, misalnya saja kerja keras, disiplin, dan selalu mau belajar hal-hal kecil.


6. “Percaya Diri Sangat Penting”

Sebagai professional yang bertalenta, Anda memang harus percaya diri. Tetapi sebentar, kepercayaan diri yang berlebihan justru akan menimbulkan bencana untuk diri Anda sendiri. Jadi Anda harus pintar pintar menempatkan diri Anda.

Misalnya saja, Anda terlalu percaya diri saat diinter view kerja, belum apa-apa sudah menanyakan gaji. Kalau ini Anda lakukan, pihak perusahaan pasti akan berpikir sepuluh kali sebelum menerima Anda.

 
 
Artikel Terkait:
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Minggu, 16/06/2019 - 10:19 WIB
Rabu, 05/06/2019 - 09:56 WIB
Sabtu, 15/06/2019 - 10:45 WIB
Minggu, 02/06/2019 - 07:42 WIB
Minggu, 16/06/2019 - 10:22 WIB
Minggu, 16/06/2019 - 10:20 WIB