Air Mineral Kemasan Bisa Kedaluwarsa, Benar Atau Salah?
Rabu, 12/06/2019 - 09:04 WIB
images-artikel/kecil/air putih.jpg
Sumber: Lifestyle Okezone
 
 
Jakarta - Sobat Souja, salah satu hal yang tampak ketika kita membeli air minum dalam kemasan (AMDK) adalah dicantumkannya best before atau baik dikonsumsi sebelum tanggal tertentu. Keberadaan tanggal ini seakan menegaskan bahwa air mineral memiliki tanggal kedaluwarsa. Namun benarkah hal tersebut?


"Kalau air sebetulnya tidak ada kedaluwarsa," kata Hydration Science Director PT. Tirta Investama, dr Tria Rosemiarti.


Kehadiran tanggal best before yang ada di kemasan botol merupakan umur simpan sebuah AMDK. Rata-rata umur simpan AMDK sekitar dua tahun seperti disampaikan Anggota Bidang Penelitian dan Pengembangan Asosiasi Air Minum Dalam Kemasan Indonesia, Tjondro Sulistiorini.


"Setelah menjadi sebuah produk AMDK, perusahaan AMDK tersebut menjamin mutu air minum tersebut selama umur simpan yang tertera, yakni 'baik sebelum' yang tertera di botol," kata wanita yang akrab disapa Lis dalam acara bersama Danone Aqua beberapa waktu lalu di Jakarta.


Bila botol air minum dalam kemasan tersebut dibuka, berarti ada kemungkinan sudah terkontaminasi. Jadi, alangkah baiknya tidak perlu meminum lagi AMDK yang sudah Anda buka seminggu yang lalu.


"Kalau sudah dibuka, pasti itu ada banyak bakteri atau kontaminasi lain, sebaiknya untuk tidak mengonsumsinya lagi," tandas Tria.
 
 
Artikel Terkait:
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Rabu, 03/07/2019 - 10:37 WIB
Senin, 01/07/2019 - 10:23 WIB
Jumat, 05/07/2019 - 09:37 WIB