Anda Pertama Kali Umrah? Ini Dia Ada Tips Agar Anda Tidak Tersesat
Senin, 01/02/2016 - 16:11 WIB
images-artikel/kecil/umrah-alamah.jpg
Sumber: umrah-alamah.com
 
 
Makkah -

Halo Sobat Travel Souja, tahukah anda bahwa tersesat adalah satu dari sekian masalah yang kerap dialami jemaah umrah atau haji. Terlebih bagi mereka yang lanjut usia atau yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Tanah Suci. Ketika kembali dari Masjidil Haram atau Masjid Nabawi, ada saja jemaah yang tak dapat menemukan jalan kembali ke tempat menginap atau hotel mereka tinggal. Atau bisa saja terjadi, ketika jemaah memutuskan untuk berjalan-jalan sendiri dengan dalih ingin menikmati kehidupan masyarakat setempat, namun justru lupa arah kembali ke hotel.

 

Nah, agar tak terjadi kasus-kasus semacam itu, Anda yang ingin menjalankan ibadah umrah sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut.

 

1. Setibanya Anda di Mekah dan Madinah, segera catat nama hotel, nomor kamar dan alamat serta nomor telepon. Lalu selipkan catatan tersebut di saku atau dompet, dan bawalah selalu bersama Anda. Lebih baik lagi, catat data-data tersebut di ponsel Anda. Usahakan catat pula nomor telepon teman sepemondokan, ketua rombongan atau pembimbing umrah, yang dapat Anda mintai bantuan jika terjadi sesuatu.

 

2. Anda wajib mengetahui siapa-siapa saja petugas penyelenggara umrah. Hapalkan hal-hal yang mudah dikenali, seperti warna seragam yang mereka kenakan serta identitias resmi. Hal ini untuk menghindari penipuan dari orang-orang yang tidak Anda kenal.

 

3. Saat pergi beribadah ke Masjidil Haram atau Masjid Nabawi, usahakan untuk selalu pergi bersama-sama rombongan. Hindari bepergian sendiri, apalagi jika Anda baru pertama kali ke Tanah Suci.

 

4. Tetap kenakan gelang pengenal dan id card (kartu tanda pengenal) agar Anda mudah dikenali jika terpisah dari rombongan. Itu juga bisa memudahkan Anda mencari pertolongan saat tersesat atau mengalami masalah kondisi darurat lainnya.

 

5. Cobalah untuk tetap tenang dan tidak panik jika Anda tersesat di jalan. Bila merasa lelah karena telah berputar-putar namun belum juga menemukan jalan kembali, cobalah untuk beristirahat sambil mengingat-ingat kembali jalan kembali ke hotel.

 

Jika Anda tak juga menemukan jalan pulang, Anda dapat mencari dan bergabung dengan jemaah Indonesia lain meski dari rombongan yang berbeda.

 

 

 
 
Artikel Terkait:
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Senin, 06/05/2019 - 08:38 WIB
Selasa, 07/05/2019 - 08:42 WIB
Selasa, 21/05/2019 - 09:00 WIB