Apa Fakta Menarik Dari Kotoran Manusia?
Kamis, 21/09/2017 - 09:30 WIB
 
 
Jakarta -
Halo Sobat Souja, membicarakan tentang kotoran manusia mungkin bukan merupakan topik pembicaraan yang lazim. Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa berbicara tentang kotoran manusia adalah hal yang tidak sopan. Padahal dalam dunia kesehatan, berbicara tentang kotoran manusia adalah hal yang wajar. Sebab kotoran yang dikeluarkan juga berhubungan langsung dengan kondisi kesehatan tubuh.


Selain fakta tersebut, berikut adalah beberapa hal menarik lainnya tentang kotoran manusia yang mungkin selama ini tidak kamu ketahui


1. Warna kotoran


Warna kotoran ternyata berasal dari cairan empedu kamu kemudian bergerak dari empedu ke saluran usus. Cairan ini menghasilkan produk sampingan berwarna cokelat yang disebut dengan stercobilin. Stercobolin ini kemudian akan membuat kotoran berwarna cokelat.


Selain cairan empedu, warna kotoran juga bergantung dengan makanan yang kamu konsumsi.


2. 75% kotoran berisi air


Tahukah kamu bahwa 75% kandungan kotoran adalah air? Sementara sisanya merupakan gabungan dari bakteri, lendir selain lemak, serat, dan protein yang tidak bisa dicerna dengan baik dalam perutmu.


Idealnya, komposisi kotoran yang keluar juga bergantung pada apa yang kamu makan.


3. Jumlah produksi kotoran


Orang dewasa yang sehat bisa menghasilkan rata-rata 1 ons kotoran untuk setiap 12 ons berat badan setiap harinya. Hal ini berarti bahwa orang dewasa dengan berat badan 63 kilogram bisa menghasilkan 500 gram kotoran dalam sehari.


Bagaimana dengan kami?


4. Produksi kotoran dan tingkat stres


Tingkat stres ternyata juga bisa mempengaruhi kotoran yang kamu keluarkan, lho. Sebabnya bakteri di dalam usus sangat dipengaruhi oleh kondisi emosional dan tingkat stresmu. 


Penelitian menunjukkan bahwa mood atau suasana hati yang baik bisa mempengaruhi kerja bakteri di dalam usus.
 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Rabu, 03/07/2019 - 10:37 WIB
Senin, 01/07/2019 - 10:23 WIB
Jumat, 05/07/2019 - 09:37 WIB