Apakah Batu Amandel Di Mulut Dapat Menyebabkan Bau Mulut?
Minggu, 24/02/2019 - 10:50 WIB
images-artikel/kecil/bau mulut.jpg
Sumber: TribunStyle.com - Tribunnews.com
 
 
Jakarta -
Halo Sobat Souja, kamu merasa kurang pede untuk berkomunikasi sehari-hari karena merasa bau napas. Sudah berkali-kali kamu coba menyikat gigi, berkumur, dan melakukan berbagai upaya untuk menghilangkannya namun 'bau naga' di mulutmu tak kunjung hilang.


Jika memang kamu mengalami masalah sulitnya bau napas yang kamu miliki ini untuk menghilang, barangkali kamu mengalami batu amandel. Lalu apa sih sebenarnya batu amandel itu?


"Permukaan amandel sebenarnya tidak mulus namun memiliki sejumlah ruang tersembunyi yang menempel pada permukaan. Ruang tersembunyi ini mungkin mengandung ingus, material organik seperti mineral dan protein, sel mati, dan juga bakteri," jelas Dr. Sharon Williams, spesialis THT.


"Kotoran ini terperangkap atau dikalsifikasi sehingga menimbulkan batu amandel atau tonsilloliths, yang mungkin muncul pada berbagai usia baik pada anak-anak maupun orang tua," sambungnya.


Adanya batu amandel ini bukan merupakan suatu hal yang berbahaya atau gejala dari penyakit berbahaya. Walau begitu, tergantung dari ukurannya, masalah ini bisa terasa tak nyaman.


Kebersihan gigi yang kurang merupakan penyebab utama dari munculnya batu berbau tak sedap ini. Namun kadang kala mereka juga berkembang sebagai hasil dari amandel yang terlalu besar yang cenderung lebih mudah menyerap partikel ini.


Tidak terlalu susah untuk menyingkirkan batu amandel ini. Biasanya sebagian besar bakal copot dengan sendirinya ketika kamu menyikat gigi atau batuk.


"Tonsilloliths biasanya lepas secara spontan, dan banyak orang akan mengeluh tentang keluarnya gumpalan berwarna putih atau kuning dengan konsistensi seperti roti kering, ketika meludah," jelas Dr Williams.


Menghilangkan batu amandel secara mandiri juga mungkin dilakukan. Gunakan senter untuk menerangi mulut kemudian jika telah menemukan batu amandel ini, usap dengan kapas.


Jika cara ini kurang nyaman, kamu dapat berkumur dengan menggunakan air garam. Cara ini dapat membantu mencopot batu amandel ini dan membersihkan beberapa bagian mulut.


Namun jika kamu tak bisa menghilangkan batu amandel ini sendirian dan terasa semakin mengganggu, sebaiknya hubungi spesialis THT untuk mengobatinya. 
 
 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Rabu, 03/07/2019 - 10:37 WIB
Senin, 01/07/2019 - 10:23 WIB
Jumat, 05/07/2019 - 09:37 WIB