Apakah Steroid Baik Untuk Membentuk Otot Tubuh Menjadi Kekar
Rabu, 26/06/2019 - 10:03 WIB
images-artikel/kecil/steroid.jpg
Sumber: MIMS General News
 
 
Jakarta -
Sobat Souja, untuk membentuk otot menjadi kekar, suplemen termasuk steroid merupakan salah satu bahan yang biasa digunakan. Namun hal ini patut diwaspadai karena steroid memiliki efek samping yang dapat memengaruhi fungsi organ tubuh lain di dalam tubuh.


"Kandungan yang perlu diwaspadai dalam suplemen pembentuk otot kekar itu steroid. Ada efek samping yang memengaruhi metabolisme tubuh. Artinya, setelah konsumsi suplemen, tubuh kita beradaptasi," kata Ahli Nutrisi Olahraga Mury Kuswari.


Steroid berperan membesarkan otot. Jaringan otot mempunyai reseptor yang berfungsi khusus pertumbuhan otot. Steroid dalam suplemen dapat membuat otot tetap mengalami pertumbuhan meski hormon testosteron alami pada tubuh tidak menghendakinya.


"Efek sampingnya steroid untuk membentuk otot kekar bisa mengakibatkan keracunan, terlebih lagi bisa berlebihan. Ini akan berpengaruh pada ginjal. Kerusakan ginjal bisa terjadi karena kerja ginjal jadi lebih besar," lanjut Mury.


Steroid pada suplemen juga bisa bersifat adiktif. Dalam hal ini membuat seseorang punya keinginan terus menerus konsumsi steroid.


"Karena kinerja steroid dapat memperbesar massa otot. Orang jadi berpikir, ingin menggunakannya secara terus menerus. Yang terjadi bisa saja konsumsi steroid berlebihan atau melebihi dosis yang seharusnya," tambah Mury, yang juga sebagai Indonesian Association of Fitness and Sport Nutritionist (ANOKI).


Dalam hal ini, seseorang ingin cepat punya otot kekar. Maka, ia pun tergerak konsumsi steroid lebih banyak. Padahal, setiap kemasan suplemen punya aturan dosis masing-masing dalam penggunaannya.


"Tidak boleh berlebihan penggunaannya. Tapi yang pasti tidak semua suplemen otot tersebut mengandung steroid ya. Karena tiap suplemen punya kandungan berbeda-beda," tandasnya.
 
 
Artikel Terkait:
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Rabu, 03/07/2019 - 10:37 WIB
Senin, 01/07/2019 - 10:23 WIB
Jumat, 05/07/2019 - 09:37 WIB