Sobat Souja, duduk terlalu lama dalam aktivitas sehari-hari bisa menimbulkan sejumlah bahaya pada tubuh mulai nyeri sendiri hingga meningkatnya risiko penyakit ja" />
Bagaimana Cara Untuk Mengurangi Risiko Penyakit Akibat Kelamaan Duduk?
Minggu, 27/01/2019 - 15:28 WIB
images-artikel/kecil/
Sumber: Hello Sehat
 
 
Jakarta -
Sobat Souja, duduk terlalu lama dalam aktivitas sehari-hari bisa menimbulkan sejumlah bahaya pada tubuh mulai nyeri sendiri hingga meningkatnya risiko penyakit jantung. Namun berdasar sebuah penelitian terbaru, terdapat sebuah cara mudah untuk menghilangkan risiko buruk ini.


Sebuah penelitian terbaru menjelaskan bahwa melakukan kegiatan fisik selama 30 menit sebagai pengganti duduk dapat mengurangi risiko kematian dini hingga 35 persen. Berdasar penelitian tersebut, durasi dan intensitas dari kegiatan fisik tersebut tak penting asal dilakukan di sela-sela duduk.


Temuan dari penelitian ini senada dengan studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa duduk menimbulkan dampak buruk pada jantung, pinggang, serta otak. Penelitian pada tahun 2016 ini menyebut bahwa orang di seluruh dunia menghabiskan waktu lebih dari tiga jam sehari untuk duduk.


Penelitian sebelumnya juga menyalahkan tingginya tingkat kematian karena efek dari kursi ini. Pada penelitian yang dipublikasikan di jurnal Texas Heart Institute tersebut, diketahui bahwa gula darah meningkat pesat ketika kamu duduk terlalu lama.


Dari sejumlah penelitian tersebut, diketahui bahwa penawar terbaik terhadap duduk terlalu lama adalah dengan meningkatkan aktivitas fisik. Oleh karena itu, sebagai pengganti duduk bisa dilakukan 30 menit aktivitas fisik berupa berikut ini:


Memutar badan selama 30 menit


Cara ini bisa dilakukan dan efektif untuk menurunkan berat badan dan juga membantu meningkatkan aliran darah di dalam tubuh.


Berlari


Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal American College of Cardiology menunjukkan bahwa pelari yang memiliki penyakit jantung memiliki risiko 55 persen menurun dari kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung. Berlari juga meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori.


Berjalan


Berdasar American Heart Association, berjalan dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke yang kamu alami. Berjalan selama 30 menit setiap hari diketahui dapat menurunkan tekanan darah.


Tiga hal mudah tersebut dapat kamu lakukan selama 30 menit setiap hari di sela-sela duduk ketika di kantor. Dengan melakukannya, maka kamu bisa terhindar dari sejumlah penyakit yang mengintai kesehatanmu. 

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Selasa, 09/04/2019 - 09:46 WIB
Jumat, 05/04/2019 - 09:27 WIB
Kamis, 04/04/2019 - 10:29 WIB