Bagaimana Cara Untuk Menjaga Kesehatan Hati Agar Tetap Sehat?
Rabu, 19/06/2019 - 09:43 WIB
images-artikel/kecil/hati.jpg
Sumber: Mistamajahp
 
 
Jakarta - Sobat Souja, pada manusia, hati memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjaga tubuh tetap bekerja dengan semestinya. Bagian tubuh ini membantu melepaskan racun, menjaga metabolisme tetap terjaga, menjaga sirkulasi serta menyeimbangkan hormon.


Menjaga hati tetap sehat juga membantu untuk meningkatkan energi, membersihkan kulit, memperkuat daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, mengurangi infeksi, serta membuat napas menjadi segar.


Perubahan gaya hidup seseorang merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan masalah hati ini. Konsumsi makanan olahan, olahan, kurang gerak pada kehidupan sehari-hari, serta sejumlah faktor bisa menyebabkan munculnya sejumlah masalah hati.


Masalah yang terjadi pada hati tersebut bisa diatasi dengan melakukan sejumlah hal sederhana. Begini sejumlah cara untuk mencegah munculnya masalah pada hati.


1. Konsumsi Makanan Sehat


Hati berkerja untuk memecah lemak, mendukung produksi protein dan gula serta membersihkan kandungan buruk pada darah. Ketika seseorang mengonsumsi makanan tak sehat, organ tersebut jadi kewalahan.


Perbanyak konsumsi makanan alami non olahan, seperti sayur dan buah. Fokus pada makanan yang menyediakan jumlah antioksidan dan serat yang baik serta dapat membalik masalah dan penyakit hati.


2. Hindari Alkohol


Minum alkohol terutama dalam jumlah banyak membuat hati bekerja keras dalam membersihkan tubuh. Pakar kesehatan merekomendasikan maksimal satu kali minum setiap hari untuk wanita dewasa dan satu atau dua kali untuk pria dewasa demi menjaga kesehatan organ tubuh.


3. Konsumsi Tanaman Herbal


Terdapat tanaman herbal yang bisa membantu kinerja hati dalam mengubah nutrisi dan menghilangkan racun dari dalam tubuh. Sejumlah tanaman herbal bisa membantu mengatasi penumpukan racun di hati, melawan bakteri, menghilangkan infeksi, dan mengurangi masalah pencernaan.


4. Kurangi Stres


Stres kronis menyebabkan perubahan di dalam tubuh yang bisa menimbulkan peradangan dan memperburuk masalah hati. Buruknya kerja hati bisa menimbulkan masalah seperti pusing, sakit kepala, kram, pandangan memburam, serta masalah pencernaan.


Sejumlah hal tersebut bisa kamu lakukan untuk membuat kesehatan hatimu kembali membaik. Dengan kesehatan tubuh yang prima, segala hal dapat berjalan dengan tepat.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Rabu, 03/07/2019 - 10:37 WIB
Senin, 01/07/2019 - 10:23 WIB
Jumat, 05/07/2019 - 09:37 WIB