Bahaya Kurang Tidur Yang Merugikan Kesehatan
Jumat, 28/06/2019 - 09:55 WIB
images-artikel/kecil/68438050-BD20-47C4-B7D3-A92FA41CC976.jpeg
Sumber: Soul Of Jakarta
 
 
Jakarta - Sobat Souja, dalam hidup, tidur, diet dan olah raga haruslah seimbang, karena merupakan dasar kesehatan yang baik. Kurang tidur yang berlangsung secara kronis akan meningkatkan risiko kondisi medis serius seperti diabetes, obesitas dan penyakit jantung.

Kurang tidur juga dapat menyebabkan peningkatan produksi kortisol tubuh, yang juga dikenal sebagai hormon stres.Tidur memiliki peran penting bagi tubuh. Pada saat tidur, tubuh akan memperbaiki diri, baik kondisi fisik maupun mental, sehingga kita merasa segar dan berenergi saat bangun, serta siap menjalani aktivitas sepanjang hari. Selain itu, tidur juga ikut membantu proses tumbuh kembang, terutama  pada anak dan remaja, karena pada saat tidurlah hormon pertumbuhan dikeluarkan.

Berikut adalah bahaya dari efek kurangnya tidur dalam keseharian kita;

1. Perubahan Suasana Hati
Suasana hati adalah hal pertama yang harus dihadapi saat kurang tidur. Saat kita kurang tidur, kadar kortisol—hormon stres—akan naik. Sebaliknya, tidur malam yang nyenyak secara alami mengurangi kadar kortisol di tubuh.
Agar jadwal tidur kembali ke normal, coba bangun pada waktu yang sama setiap hari, tidur siang sekitar 30 menit dan berolahraga pagi.

2. Penyebab Depresi
Kurangnya tidur secara signifikan dapat meningkatkan gejala depresi. Dalam sebuah jajak pendapat pada tahun 2005, orang-orang yang menderita kecemasan atau depresi diminta untuk menghitung kebiasaan tidur mereka

3. Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

Kurang tidur juga bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh, Studi telah menunjukan bahwa orang-orang yang kurang tidur 7-8 jam perhari cenderung lebih mudah terserang bakteri dan virus

4. Mengganggu Kemampuan Otak
Kurang tidur dalam kurun waktu yang lama dapat mengganggu kemampuan berpikir dan menerima informasi sehingga sulit fokus dan beraktivitas

Sobat souja, hal demikian adalah akibat dari kurang tidur yang bisa terjadi. Baiknya memang sediakan waktu cukup untuk beristirahat dan luangkan waktu tidurmu.

 
 
Artikel Terkait:
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Rabu, 03/07/2019 - 10:37 WIB
Senin, 01/07/2019 - 10:23 WIB
Jumat, 05/07/2019 - 09:37 WIB