Apa sobat Souja akhir-akhir ini merasa menjadi pribadi yangpemarah? Atau tidak semangat melakukan aktifitas? Mungkin kualitas tidur sobatSouja tidak
 
Biasakan Tips ini agar Tidur Lebih Berkualitas
Selasa, 24/01/2017 - 14:01 WIB
 
 
Jakarta -

Apa sobat Souja akhir-akhir ini merasa menjadi pribadi yang pemarah? Atau tidak semangat melakukan aktifitas? Mungkin kualitas tidur sobat Souja tidak baik.

 

Pikirkan tentang semua faktor yang dapat mengganggu tidur sobat Souja, memang kita sebagai manusia biasa tidak bisa mengontrol pikiran dengan keinginan kita, kadang ia muncul begitu saja, yang membuat kita sulit untuk tenang dan tidur nyenyak. Berikut beberapa tips buat sobat Souja yang ingin mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, dan cobalah untuk membiasakannya.

 

1. Mengelola stres

Untuk mengelola stres mulailah dengan hal yang mendasar, seperti  kegiatan terorganisir, dengan menetapkan prioritas dan mendelegasikan tugas.

 

2. Memanjakan diri

Ada baiknya kamu memanjakan diri kamu sebelum tidur, seperti mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik, sebaiknya dengan lampu yang redup. Kegiatan santai dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Hindari TV atau perangkat elektronik lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menggunakan media elektronik sebelum tidur dapat mengganggu tidur kamu.

 

3. Perhatikan apa yang kamu makan dan minum

Jangan tidur saat lapar atau kekenyangan. Ketidaknyamanan mungkin membuat kamu menjadi sulit untuk tidur. Batasi berapa banyak minum sebelum tidur, untuk mencegah perjalanan tengah malam ke toilet.

Nikotin, kafein dan alkohol patut diperhatikan juga. Efek stimulasi dari nikotin dan kafein akan mengambil jam tidur dan kualitas tidur sobat. Meskipun alkohol dapat membuat kamu merasa mengantuk pada awalnya, alkohol dapat mengganggu kualitas tidur.

 

4. Batasi tidur siang

Tidur siang yang panjang di siang hari bisa mengganggu tidur di malam hari, terutama jika kamu sangat sulit untuk tidur dan mendapatkan kualitas tidur yang baik dimalam hari. Jika kamu memilih untuk tidur di siang hari, batasi waktunya, cukup hanya 10 sampai 30 menit.

 

5. Beraktifitas di siang hari

Aktivitas fisik yang teratur dapat mendapatkan tidur yang lebih baik, membantu kamu tertidur lebih cepat dan menikmati tidur yang lebih dalam.

 

6. Tetapkan jadwal tidur

Tidur dan bangunlah pada waktu yang sudah ditetapkan setiap hari, bahkan pada akhir pekan dan hari libur sekali pun. Menjadi konsisten akan memperkuat siklus tubuh kamu dan membantu mendapatkan tidur yang lebih baik.

 

7. Dapatkan kenyamanan

Buat keadaan di kamar kamu senyaman mungkin. Seperti menjadikan kamar terlihat cool, gelap dan tenang. Kamu bisa pertimbangkan juga untuk menggunakan nuansa kamar gelap, penutup telinga, kipas angin atau perangkat lain yang dapat menciptakan keadaan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

 

Sumber: Mayoclinic.com

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Selasa, 09/04/2019 - 09:46 WIB
Jumat, 05/04/2019 - 09:27 WIB
Kamis, 04/04/2019 - 10:29 WIB