Bocah India Umur 7 Tahun Menyumbangkan Organ Tubuhnya
Rabu, 03/02/2016 - 09:57 WIB
images-artikel/kecil/indiabocah.png
Sumber: okezone.com
 
 
India -

Seorang anak turunan India yang baru berumur tujuh tahun telah menyumbangkan organ tubuhnya. sebelumnya memang saat ia masih hidup, ia sudah bercita-cita untuk mendonorkan organ tubuhnya setelah ia meninggal.

 

Dan takdir pun akhirnya mewujudkan impian anak tersebut. Dilasir dari Timesofindia, Rabu (3/2/2016), bocah laki-laki tersebut bersama orangtua dan saudara perempuannya hendak kembali dari liburan mereka di India sebelum Deeyan pingsan dan harus dibawa ke rumah sakit. Setelah diperiksa, dokter menemukan banyak sumbatan di otaknya dan tak lama setelah itu nyawanya tak dapat diselamatkan.

 

"Secara kebetulan, tahun ini anak saya baru belajar tentang donasi organ tubuh di sekolahnya. Dia mengatakan ingin menjadi donor ketika mereka dewasa nanti," kata salah satu orangtuanya yang turut menyumbangkan jantung, ginjal, dan liver Deeyan untuk mewujudkan harapan buah hati mereka yang kini telah tiada.

 

Salah seorang pasien yang menerima donor organ dari Deeyan adalah anak perempuan usia tujuh tahun yang hanya memiliki waktu beberapa minggu untuk hidup sebelum mendapatkan cangkok jantung. Dr Vijay Agrawal, yang melakukan operasi pencangkokan mengatakan bahwa kebetulan seperti itu sangat jarang sehingga patut disyukuri.

 

"Kejadian ini sangat langka, karena kami jarang bisa mendapatkan donor yang cocok dengan usia dan berat badan pasien," kata Dr Vijay. Selain untuk pasien gagal jantung tersebut, pasien ginjal usia 11 dan 15 tahun di RS Jaslok, India, juga telah mendapatkan donasi organ Deeyan. Levernya juga telah ditransplantasikan kepada seorang pria berusia 31 tahun di RS Jupiter, India.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Selasa, 09/04/2019 - 09:46 WIB
Jumat, 05/04/2019 - 09:27 WIB
Kamis, 04/04/2019 - 10:29 WIB