Body Langsing Bisa Didapat Dari Cara Mu Memasak
Senin, 24/06/2019 - 09:23 WIB
images-artikel/kecil/D20A0FB2-209F-4080-B166-612F40E4B68A.jpeg
Sumber: Soul Of Jakarta
 
 
Jakarta - Sobat Souja, banyak kajian telah menunjukkan bahwa diet tidak sehat jika digabungkan dengan gaya hidup yang banyak diam, kurang gerak dapat meningkatkan risikomu terhadap penyakit-penyakit seperti diabetes, jantung, obesitas, dan kanker.

Untuk berpindah dari diet yang tidak sehat menuju ke makanan yang lebih baik, kamu harus kembali ke awal. Langkah pertama yang harus kamu ambil adalah dengan memasak makananmu sendiri, sehingga Kamu dapat mengkontrol kadar lemak serta gula dan garam yang masuk ke dalam makananmu. Kadar lemak, gula dan garam yang lebih rendah tidak berarti tanpa rasa dan hambar. Sebaliknya, makananmu akan semakin enak dan penuh rasa jika kamu memasaknya dengan benar.

Berikut ini beberapa tips untuk memasak makanan lezat yang lebih sehat ;

1. Kurangi Lemak

Lemak atau minyak goreng memang menjadikan makanan lebih renyah, lebih berasa dan juga lapisan yang creamy. Namun tantangannnya adalah bahwa lemak itu padat energi dan setiap sendok teh kecil minyak memberikan 45 kalori, dan memakan lemak terlalu banyak dapat meningkatkan risiko kelebihan berat badan dan obesitas, terutama jika kamu menjalani gaya hidup yang tidak aktif atau kurang gerak.

2. Gunakan Peralatan Masak Tidak Lengket
Buat eksperimen dengan pengukus untuk sayuran dan daging. Beri bumbu-bumbu dan rempah-rempah lalu sajikan segera.
Hindari menggoreng dalam minyak banyak. Bakar, panggang, rebus atau kukus sebagai gantinya.
Jika Kamu harus menggoreng dalam minyak banyak, batasi melakukannya tidak lebih dari sekali seminggu , dan sebagai gantinya bakar, panggang atau rebus makanan tersebut.

3. Tambahkan Rasa Manis Sekedarnya
Mengonsumsi terlalu banyak gula, terutama jika dikombinasikan dengan gaya hidup yang buruk sangat tidak direkomendasikan, karena dapat berkontribusi terhadap kenaikan berat badan, terutama jika kamu menjalani gaya hidup tidak sehat (1). Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan bahwa total kalori harian yang seyogyanya didapat dari gula tidak boleh lebih dari 10% (3). Ini dijabarkan dengan sekitar 50 gram atau 12 sendok the gula setiap hari, untuk rata-rata orang yang makan 2.000 kalori per hari. Tumpeng Gizi Seimbang Indonesia merekomendasikan untuk membatasi asupan gula tidak lebih dari 4 sendok makan per hari (1).

4. Kurangi Garam, Tambahkan Rempah-rempah
Sodium adalah komponen utama garam meja. Ini secara alami terdapat dalam banyak makanan dan secara umum digunakan sebagai peningkat rasa. Banyak kajian telah menunjukkan bahwa konsumsi sodium yang berlebihan dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Tumpeng Gizi Seimbang Indonesia merekomendasikan pembatasan asupan garam sampai tidak lebih dari 1 sendok makan setiap hari (1).

5. Tingkatkan Serat
Berbagai jurnal menunjukkan bahwa serat mempunyai banyak manfaat kesehatan yang menjadikannya komponen penting dari masakan yang sehat. Makanan yang tinggi dalam serat termasuk biji padi-padian seperti oat; buah-buahan, sayur-sayuran, beans, kacang-kacangan dan biji-bijian. Menambahkan bahan pangan tersebut ke dalam menu makanmu secara instan, dapat meningkatkan kandungan serat dan nutrisi makanan hariamu. Sejumlah 25 gram serat direkomendasikan untuk orang dewasa setiap hari.

Maka, kebiasaan memasak pun turut mendukung tubuh diet sehatmu.
 
 
Artikel Terkait:
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Rabu, 03/07/2019 - 10:37 WIB
Senin, 01/07/2019 - 10:23 WIB
Jumat, 05/07/2019 - 09:37 WIB