Generasi Milenial Kerap Alami Masalah Keuangan? Kenali Penyebabnya!
Jumat, 08/12/2017 - 07:48 WIB
images-artikel/kecil/
Sumber: bankruptcyclinic.co.uk
 
 
Jakarta -
Setiap orang tentu memiliki cara berbeda-beda dalam mengatur keuangan. Namun, seorang CEO penemu LearnVest, Alexa Von Tobel punya pendapatan mengejutkan. Perempuan cantik berusia 33 tahun ini menyatakan jika umumnya generasi milenial bermasalah dengan keuangan. 


"Jika kamu tak pernah memulai, maka akan sulit melakukannya. Sekali kamu belajar dasarnya, sebenarnya ini tak begitu sulit. Generasi milenial seringkali mengalami permasalahan keuangan, padahal mereka sebenarnya punya pemikiran yang bagus dan mampu mengelolanya dengan baik"


Seperti dikutip lewat Vemale.com, Alexa berujar bahwa ada tiga kesalahan umum yang sering dilakukan generasi masa kini, apa saja? 


Menghabiskan terlalu banyak uang untuk menyewa tempat tinggal
 
  
 
Tempat tinggal mewah dianggap sebagai media aktualisasi diri. Maka, banyak anak muda memilih kos atau sewa kamar yang mahal, lebih dari 30% dari penghasilan mereka, seperti tinggal di apartemen. Padahal jika lebih cermat lagi, maka uang sewa tempat tinggal tersebut lebih baik dialihkan untuk menabung dana rumah tinggal. Pilhlah kos yang terjangkau, nyaman alih-alih menghabiskan gaji. 


Malas menabung
 
  
 
Jangan hanya karena kamu sudah berpenghasilan tinggi saat ini kemudian membuatmu merasa bisa beli apa saja. Akan lebih baik jika memikirkan untuk menabung sebagian besar gaji yang kamu dapat, kalau tidak memungkinkan sebagian besar, menabunglah paling tidak 20% dari penghasilan bulanan. Lakukan hal tersebut rutin setiap bulannya. 


Gaya hidup mewah tanpa pikir panjang
 
  
 
Banyak tren yang saat ini disukai generasi muda, entah itu beli baju branded, traveling dan makan di kafe. Semua itu butuh budget, dan jika tidak bijak mengatur keuangan, penghasilan akan habis begitu saja untuk memenuhi gaya hidup. Belum lagi godaan diskon besar-besaran akhir tahun. Belanja barang-barang bermerk memang tidak dilarang, namun sejatinya hal tersebut dilakukan dengan baik. Persiapkan budget agar keuanganmu tidak keteteran. 


Lebih lanjut, Alexa menyarankan jika generasi milenial yang sudah bekerja menerapkan aturan 50,20,30 untuk keuanganmu dengan arti 50% keperluan sehari-hari, 20% tabungan dan 30% hiburan.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Senin, 06/05/2019 - 08:38 WIB
Selasa, 07/05/2019 - 08:42 WIB
Kamis, 09/05/2019 - 09:44 WIB