Ide 4 Bisnis Daur Ulang Barang Bekas, Yang Bisa Jadi Peluang
Senin, 24/06/2019 - 09:22 WIB
images-artikel/kecil/EDC70C6F-FD44-4A7F-B061-110135314973.jpeg
Sumber: Soul Of Jakarta
 
 
Jakarta - Sobat Souja, siapa sangka mengolah limbah-limbah plastik dapat membangun jaringan kemitraan kerja dan menghasilkan miliaran rupiah?
Kalau kamu biasanya membuang kemasan produk yang sudah habis, sekarang baikmya memikirkan bagaimana agar sampah tersebut dimanfaatkan. Karena apabila kita melihat dari kacamata wirausaha banyak sampah yang didaur ulang menjadi lahan bisnis dan punya peluang besar untuk dikembangkan.

Bagi kamu yang tertarik untuk memulai bisnis daur ulang tersebut maka bisa mulai mengecek beberapa macam usaha kerajinan dari bahan bekas yang sudah tidak terpakai. Berikut beberapa diantaranya:

1. Botol Minuman Bekas

Banyaknya produsen air minum kemasan cukup bisa dijadikan ide dalam mengelola bisnis daur ulang bermodalkan botol bekas minuman. Misalnya seperti botol plastik yang bisa ditemukan dengan mudah. Kamu bisa membuat kerajinan berbahan botol bekas tersebut menjadi sebuah kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi.
Biasanya botol plastik bekas diolah dahulu dengan cara digiling menggunakan mesin kemudian dihancurkan menjadi serpihan-serpihan kecil sehingga nantinya menghasilkan biji plastik. Adapun permintaan pabrik hingga industri cukup besar terhadap barang bekas tersebut. Selain itu, kamu bisa mengolahnya menjadi beragam hiasan lain seperti pot bunga, celengan, bunga plastik, dan sebagainya.

2. Koran dan Kertas Bekas
Bahan baku ini bisa dijadikan sebagai salah satu bisnis daur ulang yang cukup menjanjikan bukan? kamu bisa menghancurkannya untuk kemudian bisa dijadikan sebagai kertas yang baru dan dijual kembali ke bidang percetakan yang membutuhkan.

3. Kain-kain Bekas
Tentu banyak sekali kain-kain bekas yang menumpuk di rumah mu. Akan sangat disayangkan jika kamu tidak mampu memanfaatkannya sebagai produk dengan nilai jual tinggi. Nah, untuk itu mulai sekarang bisa memanfaatkan bisnis daur ulang ini dengan menjadikannya sebuah kerajinan tangan. Misalnya saja seperti keset kain, bahan pembuat bantal, guling, lap dan masih banyak lagi.

4. Minuman Kaleng Bekas
Tak seperti bisnis daur ulang lainnya, kerajinan yang berbahan utama kaleng minuman ini memang sedikit membutuhkan kreativitas dan ketelitian. Untuk itu wajib untuk kamu menjadi pribadi yang kreatif dan telaten saat ingin membuat sebuah produk dengan nilai jual lebih yang berbahan utama kaleng bekas
 
 
Artikel Terkait:
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Rabu, 03/07/2019 - 10:37 WIB
Senin, 01/07/2019 - 10:23 WIB
Jumat, 05/07/2019 - 09:37 WIB