Ingat, Family Quality Time Bukan Sekadar Kumpul Bareng Lho
Senin, 06/05/2019 - 08:38 WIB
images-artikel/kecil/family-time.jpg
Sumber: moms.ae
 
 
Jakarta - Sobat Souja, family quality time dibutuhkan untuk menjaga keharmonisan keluarga. Namun ingat, family quality bukan hanya sekadar kumpul bareng keluarga lho.

Psikolog anak dan keluarga dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, Vera Itabiliana, mengatakan family quality time merupakan momen penting untuk keluarga. Momen ini tidak boleh dilewatkan dan harus dilakukan secara tepat.

"Jadi bukan asal ngumpul bareng di meja makan tapi asik sendiri-sendiri. Jadinya paralel kan. Itu bukan family quality time," tutur Vera, dalam temu media I KLOP U, di Bistronomy, Senopati, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Vera menjelaskan bahwa family quality time adalah momen bersama keluarga. Namun momen tersebut harus dilakukan dengan bersama-sama dan aktivitas yang menyenangkan.

Duduk bersama sembari menonton televisi atau menikmati camilan merupakan contoh family quality time yang bisa dilakukan di rumah. Bisa juga dengan mengajak keluarga jalan-jalan atau liburan ke tempat yang sebelumnya belum pernah dituju untuk membuat pengalaman baru.

"Kalau nonton tv bukan fokus ke tv-nya. Tapi misalnya ada adegan lucu yang bisa tertawa bersama, nanti dari situ bisa lanjut ngobrol. Atau kalau mau ajak jalan-jalan juga bisa," ungkapnya lagi.

Intinya menurut Vera, family quality time adalah saat di mana seluruh anggota keluarga merasa nyaman. Ketika seluruh anggota keluarga merasa nyaman, perbincangan tentang masalah sehari-hari bahkan konflik yang sedang terjadi bisa diselesaikan dengan baik.

"Intinya dibuat nyaman dulu aja. Kalau sudah nyaman nggak usah ditanya juga akan cerita sendiri. Nah di sini bisa jadi momen untuk menyelesaikan konflik," tambahnya.
 
 
Sumber: health.detik.com
 
 
Artikel Terkait:
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Rabu, 03/07/2019 - 10:37 WIB
Senin, 01/07/2019 - 10:23 WIB
Jumat, 05/07/2019 - 09:37 WIB