Ini yang Perlu Kamu Tahu dari Peringatan Isra Miraj 1440 H
Rabu, 03/04/2019 - 09:42 WIB
images-artikel/kecil/Isra-miraj-kisah.jpg
Sumber: bing.com
 
 
Jakarta -
Sobat Souja, Tepat hari ini (03 April 2019) diperingati oleh seluruh umat muslim di dunia sebagai perayaan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 27 Rajab dalam Kalender Hijriah. Peristiwa ini sangat berharga, menjadi momentum diwajibkannya shalat lima waktu. Shalat, yang menjadi tiang agama umat muslim hingga saat ini. Peristiwa Isra Miraj ditandai dengan perjalanan Nabi Muhammad selama satu hari satu malam dari Masjidil Haram di Mekah, ke Masjidil Aqsa di Yerusalem (Isra) kemudian perjalanan ini pun dilanjutkan ke Sidratul Muntaha, sebuah lokasi yang menandai akhir dari langit ketujuh. 


Meski tidak ada catatan secara tertulis, perayaan Isra Miraj di Tanah Air dipercaya dilakukan pertama kali oleh para Wali Songo, yang menyebarkan agama Islam di ke seluruh Nusantara. Para wali menggunakan metode akulturasi dengan sentuhan budaya setempat agar penyebaran agama Islam bisa mudah diterima masyarakat luas. Oleh karena itu, peringatan Isra Miraj kental dengan kearifan budaya lokal sehingga berbeda-beda di setiap daerah. 
 
 
 
Pengajian

Contohnya, Desa Malasari, Bogor kerap menyambut Isra Miraj dengan menggelar pengajian yang dipimpin ustad atau tokoh agama setempat. Biasanya mereka melakukan pembacaan qasidah yang dikemas dalam rangkaian syair indah bak lagu (nadhom). Acara Marhabanan ditutup dengan menyantap makanan yang sudah disediakan dan dilanjutkan dengan sholat Isya berjamaah.
 
 

Tradisi Ambengan 


Masyarakat Jawa memperingati Isra miraj dengan Tradisi Ambengan, biasanya mereka membawa makanan sebelum magrib dan setelah shalat magrib mereka makan bersama sambil berbagi makanan yang dibawa dan dipersilahkan membawa makanan pulang makanan tersebut. Lalu ada pula Kirab Kereta Kencana yang dilaksanakan di Solo, Jawa Tengah. Terdapat pawai kereta kencana dsertai tabuhan rebana, takbir dan iringan yang membangun nuansa sakralnya menyambut Isra Miraj. 
 
 

Kirab Kereta Kencana 


Lain lagi dengan masyarakat Bandung yang memperingatinya dengan pawai obor. Mengutip Opini.id, suasana terbentang di antara pijar obor dan iringan gendang takbir masyarakat sangat antusias mulai ikut rombongannya sampai menjadi penonton. Pemandangan dan suasana yang tercipta memberi pengalaman magis yang memesona banyak wisatawan. Bagaimana di tempatmu, Sobat Souja? 




 
 
Artikel Terkait:
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Selasa, 18/06/2019 - 09:38 WIB
Rabu, 05/06/2019 - 09:56 WIB
Sabtu, 15/06/2019 - 10:45 WIB
Minggu, 02/06/2019 - 07:42 WIB
Minggu, 16/06/2019 - 10:22 WIB
Senin, 17/06/2019 - 09:46 WIB