Kisah Inspiratif: 1 Kilogram
Minggu, 19/06/2016 - 10:28 WIB
images-artikel/kecil/weight.png
Sumber: bing.com
 
 
jakarta -
Seorang tukang roti di sebuah desa membeli 1 kg mentega kepada seorang petani. Namun ia tidak yakin kalau mentega yang ia beli beratnya betul-betul 1 kg. Beberapa kali ia menimbang mentega tersebut dan benar saja, beratnya hanya 900 gram, bukan 1 kg. Ia kecewa, mengapa petani telah mengelabuinya dengan melakukan kecurangan. 


Ia pun melaporkan kejadian tersebut kepada hakim. Petani berusia paruh baya itu pun menerima surat panggilan dan diminta datang untuk menghadiri persidangan. Saat sidang digelar, hakim bertanya kepadanya, 


"Apakah kamu punya timbangan?"


"Wahai hakim yang terhormat, aku tidak memiliki timbangan," jawab petani. 


"Kalau kau tidak memiliki timbangan, lalu bagaimana caranya kamu menimbang mentega dengan berat 1 kg. Kalau kau berniat untuk menjual mentega harusnya kamu punya timbangan untuk menentukan berat barang yang kamu jual," ungkap hakim. 


"Aku tahu pak hakim. Namun aku tidak punya cukup uang untuk membeli timbangan. Maka aku menggunakan roti yang aku beli dari tukang roti. Beratnya 1 kg, aku jadikan penyeimbang untuk menimbang berat mentega," 


Semua yang hadir di persidangan pun terkejut. Artinya, berat roti tersebut juga kurang dari 1 kg. Sebagai gantinya, akhirnya tukang roti yang harus menjalani persidangan dan terancam dijebloskan ke penjara. 




Cukup banyak contoh, kekesalan kita kepada orang lain justru berasal dari sikap kita sendiri kepada orang lain. Saat kita merasa dikecewakan orang lain, tanya pada diri sendiri, jangan-jangan kita pun pernah mengecewakannya. 

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Selasa, 09/04/2019 - 09:46 WIB
Jumat, 05/04/2019 - 09:27 WIB
Kamis, 04/04/2019 - 10:29 WIB