Pentingnya Mengajari Anak-Anak ilmu Coding Sejak Dini
Jumat, 29/03/2019 - 02:53 WIB
images-artikel/kecil/coding-for-kids-v3-300x300.png
Sumber: igamemom.com
 
 
jakarta -
Apa itu Coding?
Mungkin diantara sobat souja masih ada yang belum mengetahui Coding
Secara umum pengertian coding yaitu menulis sekumpulan code sesuai syntax (aturan penulisan) 
tergantung bahasa pemrograman yang dipakai (python, php, ruby, java, atau yang lainya) dengan bantuan text editor seperti sublime text, atom, notepad, dll. Dengan coding, kita memberikan daftar instruksi kepada komputer sesuai tujuan kita membuat. 
 
 
Contoh coding yaitu kita melakukan penulisan code untuk membuat website, aplikasi android, dan lain sebagainya.
Coding sama dengan mengetik kata di aplikasi ms. word, ms. excel dsn. Tapi pada proses coding yang kita ketik adalah kode-kode berupa bahasa pemrograman. 
 
 
 
“Everybody should learn to program a computer, because it teaches you how to think.”
- Steve Jobs - 
 
 
 
Coding sekarang tidak hanya dipakai oleh orang IT saja. Masa ini, computing sudah digunakan di semua aspek kehidupan kita, mulai dari komunikasi, perbankan, shopping, permainan, edukasi. Contohnya dengan mengerti dasar bahasa pemograman akan memudahkan kita untuk menguasai teknologi yang ada di sekitar kita. Sama seperti jika anak SD belajar biologi atau matematika untuk dapat mengerti lingkungan sekitar mereka, belajar coding juga penting untuk membantu mereka memahami teknologi yang ada di kehidupan mereka.
 
 
 
Manfaat Coding dari sisi edukasi
Di sekolah, anak-anak bisanya diajarkan cara penggunaan komputer, misalnya untuk mengetik, membuat Word dokumen/presentasi. Namum keterampilan coding untuk membuat program komputer dengan logika & kreativitas kebanyakan belum diperkenalkan di sekolah. Dengan pengertian tentang programming dan bagaimana cara berpikir yang terstruktur untuk memberi perintah ke komputer, anak-anak akan mendapat fondasi dasar dan asah otak untuk bisa menguasai teknologi yang akan terus maju di masa depan.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Dengan menguasai coding, anak-anak tidak hanya menjadi pengguna teknologi, tetapi juga bisa menciptakan sesuatu yang berguna dengan teknologi. Apakah sobat souja sudah siap untuk belajar coding ? yuk langsung kita mulai, ada beberapa referensi untuk mengenalkan sekaligus mengajarkan coding kepada anak-anak.
 
 
Berikut ini daftar alat berdasarkan usia anak-anak, mulai dari alat belajar untuk anak-anak prasekolah, hingga alat untuk siswa sekolah menengah bahkan mahasiswa. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang masing-masing alat, cukup klik pada nama untuk alat itu.
 
 
 
 
 
 
 
 

Kodable : Aplikasi gratis untuk iPad, Kodable dirancang untuk anak-anak semuda usia prasekolah untuk mempelajari konsep dasar pemrograman komputer.
 

The Foos : Adalah panduan pengkodean langkah-demi-langkah untuk anak-anak prasekolah. Itu menyenangkan dan kemajuannya bertahap. Setelah menyelesaikan aplikasi, anak-anak akan memiliki pemahaman yang cukup baik tentang konsep pengkodean dasar dan mampu menggunakan blok pengkodean untuk membuat program pendek. Ini tersedia di perangkat Apple dan Android.
 
 
Daisy the Dinosaur :  Aplikasi pengkodean gratis lain yang dirancang untuk anak-anak. Anak-anak semuda 4 dapat mengikuti kursus untuk belajar coding komputer dasar.
 
 
Move the Turtle : Dirancang untuk anak-anak 5 tahun ke atas, ini adalah aplikasi lain yang mengajarkan anak-anak pemrograman dengan blok visual. Anak-anak akan menyukai kura-kura kecil dan ingin memindahkannya.
 
 
Scratch Jr : Dirancang tim Scratch di MIT. Ini untuk anak-anak usia 5 hingga 7. Dengan menggunakan blok kode, anak-anak dapat membuat cerita. Ini adalah aplikasi pengkodean, tetapi dapat digunakan untuk mata pelajaran lain, seperti mendongeng dan matematika.
 
 
Hopscotch : Aplikasi gratis yang dirancang untuk anak-anak usia 8 tahun ke atas. Di situs Hopscotch, ada rencana pelajaran gratis dan pertanyaan diskusi.
 
 
Tynker : Dirancang untuk anak-anak di sekolah dasar, ini adalah kursus pemrograman komputer yang dapat diambil anak-anak secara online di komputer. Mereka juga memiliki aplikasi, dengan kursus pengajaran serupa. Anak-anak dapat mencoba versi Lite secara gratis sebelum membeli seluruh paket.
 
 
Sphero : Sphero memiliki serangkaian aplikasi. Aplikasi ini digunakan dengan bola mainan Sphero. Anak-anak belajar kode langsung di iPad untuk memindahkan bola dengan berbagai cara. Di situs web Sphero Anda dapat menemukan serangkaian rencana pelajaran menggunakan bola Sphero, pembelajarannya tidak terbatas pada pemrograman, tetapi juga memiliki banyak topik matematika dan sains. Aplikasi ini gratis dan tersedia di perangkat Apple dan Android.
 
 
Perbaiki Pabrik: Aplikasi gratis dari LEGO, tempat anak-anak belajar cara menggerakkan robot. Ada 24 level berbagai aktivitas, anak-anak harus bisa menulis kode pemrograman untuk memindahkan robot ke tempat yang seharusnya.
 
 
Cargo-Bot : Dirancang untuk anak-anak usia sekolah, itu adalah aplikasi gratis mengajar anak-anak pemrograman berpikir melalui serangkaian permainan.
 
 
Codecademy : Kursus pengkodean online gratis yang mengajarkan anak-anak sebenarnya menulis kode komputer. Selain mengakses melalui komputer, codecademy juga tersedia sebagai aplikasi gratis
 
 
Khan Academy adalah situs kursus online. Ini juga tersedia sebagai aplikasi gratis. Ada bagian pelajaran pemrograman komputer. Untuk menemukan kursus, Anda hanya perlu pergi ke Subjek dan klik Pemrograman Komputer. 
 
 
 
Selamat mencoba ya sobat souja!
 
 
 
 “Whether you want to uncover the secrets of the universe, or you just want to pursue a career in the 21st century, basic computer programming is an essential skill to learn.”

- Stephen Hawking
 
 
 
Artikel Terkait:
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Minggu, 16/06/2019 - 10:19 WIB
Rabu, 05/06/2019 - 09:56 WIB
Sabtu, 15/06/2019 - 10:45 WIB
Minggu, 02/06/2019 - 07:42 WIB
Minggu, 16/06/2019 - 10:22 WIB
Minggu, 16/06/2019 - 10:20 WIB