Pilihan Makanan untuk Mengatasi Stres Kerja
Minggu, 16/06/2019 - 10:20 WIB
images-artikel/kecil/healthy food.jpeg
Sumber: Berbagai Sumber
 
 
Jakarta -

Sobat Souja, pekerja kantoran bergelut dengan stres setiap hari. Mulai dari pekerjaan yang tak ada habisnya, tenggat waktu pengumpulan tugas yang semakin dekat, hingga tekanan atasan bisa menyebabkan timbulnya kecemasan. Jika stres dibiarkan, maka karyawan bisa membenci pekerjaan dan bahkan sampai depresi.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stres kerja. Anda bisa mempelajari ilmu menenangkan diri dan memakan makanan bergizi untuk melawan tekanan. Berikut pilihan makanan untuk membantu mengatasi stres kerja.

Oatmeal


Satu porsi oatmeal untuk sarapan sebagai pembuka hari bisa membantu Anda mencegah stres yang akan datang menghampiri. Menurut penelitian, serat larut yang terdapat pada oatmeal bisa membuat kenyang lebih lama sehingga Anda tidak perlu memikirkan masalah perut saat berhadapan dengan pekerjaan yang menumpuk.

Selain itu, oatmeal mengandung semua nutrisi penting yang bisa mengurangi stres, mulai dari vitamin B, magnesium, dan serat. Oatmeal juga merupakan salah satu sumber makanan terbaik untuk produksi serotonin, hormon antidepresan.

Yoghurt

Probiotik atau bakteri baik di dalam yoghurt dapat meningkatkan kesehatan mental dan fungsi otak. Caranya dengan menghambat radikal bebas dan neurotoksin, yang dapat merusak jaringan saraf di otak dan menyebabkan kecemasan.

Anda bisa mencampur yoghurt dengan sereal untuk sarapan. Dengan begitu, Anda telah memiliki semangkuk makanan sehat sebagai bekal untuk menjalani hari yang penuh dengan tekanan akibat pekerjaan. Selain itu, Anda juga dapat mengudap yoghurt sebagai camilan di siang hari untuk menenangkan diri.

Alpukat

Alpukat adalah salah satu makanan yang bisa membantu mengatasi stres kerja karena mengandung magnesium. Mineral tersebut dapat membuat interaksi antar sel saraf lebih optimal, dan mengatur mood. Alpukat berukuran sedang mengandung sekitar 58 miligram magnesium yang bisa memenuhi hampir 20 persen kebutuhan magnesium harian Anda.

Anda bisa membawa alpukat untuk cemilan siang hari. Jika ingin memakan alpukat di tengah jam kerja, Anda hanya harus membelahnya dengan pisau di pantry dan mengudap buah berkhasiat ini begitu saja, tanpa harus diolah. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa kandungan lemak dalam alpukat cukup tinggi. Jadi, sebaiknya Anda tidak berlebihan mengonsumsi alpukat.

Kacang Mete

Kacang mete dianggap sebagai salah satu makanan untuk menghilangkan stres kerja karena mengandung magnesium, vitamin B6, hingga asam amino triptofan. Magnesium melawan gula darah rendah berkontribusi pada kecemasan. Sementara vitamin B6 membantu magnesium mencapai sel. Vitamin ini juga bekerjasama dengan triptofan untuk menciptakan perasaan tenang.

Kacang mete bisa jadi salah satu pilihan camilan sehat untuk di kantor. Anda bisa menemukan kacang mete dalam campuran cokelat batangan yang tersedia di mini market. Atau, Anda bisa membeli kacang mede dalam kemasan saja dan mengudapnya saat rehat kopi.

Dark Chocolate

Dark chocolate mengandung flavonol, yang merupakan antioksidan yang bermanfaat bagi fungsi otak. Zat tersebut membantu meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga Anda bisa berpikir lebih jernih dalam situasi penuh tekanan. Dark chocolate juga telah terbukti juga terbukti meningkatkan kadar serotonin, yang dapat membantu mengurangi stres yang mengarah pada kecemasan.

Jika bosan ngemil buah atau kacang-kacangan setiap hari, Anda bisa beralih memilih dark chocolate saja. Sebongkah dark chocolate seminggu sekali tidak akan membuat Anda gemuk, tapi efektif mengatasi stres kerja.

Salmon

Kita tahu bahwa salmon adalah makanan yang mengandung asam lemak omega-3 (EPA). Ternyata, zat tersebut bisa membantu mengatasi stres kerja. EPA dan asam docosahexaenoic (DHA) dapat membantu mengatur neurotransmitter dopamin dan serotonin yang memiliki sifat menenangkan. Selain itu, asalm lemak omega-3 juga bisa mengurangi peradangan dan mencegah disfungsi sel otak yang mengarah pada kecemasan.

Jadi, kalau sedang merasa stres, mungkin Anda perlu sesekali makan siang dengan salmon. Anda bisa mampir ke restoran yang menghidangkan sushi atau olahan salmon lainnya. Satu porsi olahan salmon bisa mengandung dua ribu miligram omega-3.

Sayuran Hijau

Makan siang yang Anda pilih pada tengah hari hendaknya lengkap dan mengandung semua nutrisi makro untuk tubuh. Jadi, Anda harus melengkapi piring dengan karbohidrat, lauk sebagai sumber protein dan sayuran yang kaya vitamin.

Kalau Anda sedang stres, sebaiknya pilih sayuran hijau seperti bayam atau asparagus yang membantu mengatasi kecemasan. Sayuran hijau kaya akan magnesium untuk memperbaiki mood, dan sumber vitamin B yang baik. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung asam folat yang bisa meningkatkan dopamin, zat otak yang merangsang rasa bahagia.

Sebagai bonus, kami juga menyarankan satu jenis minuman yang bisa membantu mengatasi stres kerja: teh hijau. Minuman ini mengandung L-theanine, asam amino yang memiliki efek positif pada kesehatan otak dan dapat mengurangi kecemasan. Semoga pilihan makanan dan minuman tersebut bisa membantu Anda menghadapi hari yang penuh tekanan.

 
 
Artikel Terkait:
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Kamis, 01/08/2019 - 09:58 WIB
Senin, 05/08/2019 - 10:03 WIB
Jumat, 02/08/2019 - 08:44 WIB