Rhythm of Saman oleh Gaya Gayo
Kamis, 09/03/2017 - 12:04 WIB
images-artikel/kecil/Gayagayo-Concertbnw1290.jpg
Sumber: indonesiakaya.com
 
 
Jakarta -
Rhythm of Saman memperkenalkan kembali Saman Gayo dalam balutan musik etnik progresif. Saman dilihat sebagai instrument musik perkusif. Alunan vokal purba diramu dengan instrument musik modern menciptakan nuansa yang sakral, mistis, sekaligus baru. Gaya Gayo berfokus pada pengembangan tradisi Nusantara, terutama dalam kaitannya dengan musik dan komposisi. Proyek komposisi Gaya Gayo berakar pada kesenian tradisi kuno, terutama yang memiliki unsur musikalitas tinggi, untuk kemudian dikembangkan menjadi komposisi-komposisi baru tanpa menodai pakem tradisi yang inti.


Pada setiap penggarapan komposisi, Gaya Gayo memakai metode workshop bersilang antara pelaku tradisi dan musisi, sehingga keduanya dapat bersenyawa dan tidak sekedar menjadi tempelan. Joel Tampeng berperan sebagai salah satu founder dan komposer utama di Gaya Gayo. Ia dikenal sebagai gitaris, komposer dan arranger. Karyanya antara lain tercatat dalam album musik etnik progresif Anane Slebar Slebor, solo gitar Angin Timur dan #Reborn, grup legendaris Sirkus Barock dan Kantanta Barock, serta kolaborasi dengan beberapa artist nasional dan daerah.


Kali ini Joel Tampeng bekerja sama dengan para pelaku asli tradisi Saman dari Gayo Lues yang notabene tidak akrab dengan  panggung seni pertunjukan. Rhythm of Saman oleh Gaya Gayo dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 19 Maret 2017 pukul 15:00. Pertunjukan ini merupakan salah satu komunitas terpilih di program Ruang Kreatif: Bincang Seni Pertunjukan Indonesia, sebuah program edukasi seni pertunjukan dari Galeri Indonesia kaya yang mencangkup teori dan praktek dalam proses pembuatan seni pertunjukan.


Pertunjukan Musik Etnik
Rhythm of Saman oleh Gaya Gayo
@ Galeri Indonesia Kaya 
19 Maret 2017 pukul 15:00 WIB


More Info and Reservation: 
www.indonesiakaya.com
Galeri Indonesia Kaya
Grand Indonesia West Mall Lantai 8 (samping CGv Blitz)
Jalan Mh Thamrin No.1, Jakarta
No telp: (021) 23580701
email: kontak@indonesiakaya.com

 
 
Artikel Terkait:
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Selasa, 09/04/2019 - 09:46 WIB
Jumat, 05/04/2019 - 09:27 WIB
Kamis, 04/04/2019 - 10:29 WIB