Sebelum Mencoba Yoga, Pahami Lebih Dulu Sejarahnya
Minggu, 07/07/2019 - 10:07 WIB
images-artikel/kecil/6922DC9D-4AF1-4FD5-A104-E30B2C5CAF76.png
Sumber: Soul Of Jakarta
 
 
Jakarta - Sobat Souja, konon kabarnya, yoga dipercaya berasal dari India sekitar 3.000 SM, walaupun banyak praktisi dan sejarawan mempercayai keberadaannya jauh sebelum masa itu.

Yoga merupakan disiplin fisik, lambang spiritual kuno. Kata yoga sendiri berasal dari bahasa sanksekerta yuj (yang berarti kuk) atau bisa diartikan bergabung atau bersatu.

Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitik beratkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan.

Sistem yoga yang dikumpulkan oleh Patanjali dikenal dengan nama Raja Yoga, yaitu sistem untuk mengendalikan pikiran. Tulisan-tulisan Patanjali melalui buku-bukunya(Yoga Sutras) menjadi dasar sistem berikutnya yang dikenal dengan nama ìAshtanga Yogaî atau Delapan Bagian Tubuh Yoga (Yama, Niyama, Asana, Pranayama, Pratyahara, Dharana, Dhyana, dan Samadhi).

Di dalam prosesnya hingga saat ini, yoga berkembang pesat menjadi berbagai aliran dan bahkan dipercaya menjadi cikal bakal berbagai macam metoda dan teknik olah tubuh dan meditasi di beberapa belahan negara.

Di Indonesia, khususnya di Jakarta, sudah banyak pusat kebugaran yang menyediakan latihan yoga, mulai dari yang ringan sampai yang dirasa cukup memberatkan.

Filosofi yoga yang perlu dicatat dan diketahui' bahwasanya : pencapaian tertinggi bukanlah di alam khayal. Pencapaian tertinggi adalah bagaimana setiap praktisi bisa mengenal dirinya sendiri, dan mengerti bahwa tidak ada satupun jiwa yang sama persis di seluruh alam ini.

Namaste ..j
 
 
Artikel Terkait:
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Rabu, 03/07/2019 - 10:37 WIB
Senin, 01/07/2019 - 10:23 WIB
Jumat, 05/07/2019 - 09:37 WIB