Sobat Souja, kalau China punya Great Wall alias Tembok Besar yang mendunia itu, Indonesia punya miniaturnya yang tak kalah fotogenik. Adalah Janjang Koto G" />
Wisata Unik Janjang Koto Gadang Ini Wajib Kamu Kunjungi
Selasa, 01/02/2019 - 09:18 WIB
images-artikel/kecil/janjang.jpg
Sumber: vebma.com
 
 
Sumatera Barat -
Sobat Souja, kalau China punya Great Wall alias Tembok Besar yang mendunia itu, Indonesia punya miniaturnya yang tak kalah fotogenik. Adalah Janjang Koto Gadang yang juga punya tembok mengular dikelilingi pemandangan indah.


Janjang Koto Gadang atau juga dikenal dengan nama Janjang Saribu adalah sebuah objek wisata yang berada di Ngarai Sianok, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Ciri khasnya berupa tembok beton yang mengular dari kaki bukit hingga ke puncak.


Tembok beton Janjang Koto Gadang memiliki panjang total 780 meter dengan jalur trekking sepanjang 1,5 kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu 15-30 menit saja.


Walaupun begitu Anda tetap harus menyiapkan stamina untuk menyusuri setiap anak tangga hingga ke puncak. Ada titik-titik perhentian yang bisa dimanfaatkan untuk meluruskan kaki, kok. Jadi tidak perlu khawatir Anda bakal kelelahan di tengah perjalanan.


Bukan cuma arsitekturnya yang cantik. Pemandangan alam di sekitar tembok beton juga sangat indah. Berupa perbukitan berselimut kabut yang dikelilingi tetumbuhan hijau. Udaranya pun sangat sejuk.


Janjang Koto Gadang sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda. Hanya saja saat itu namanya masih Janjang Batuang dan dijadikan jalan pintas dari Koto Gadang menuju Bukittinggi. Beberapa tahun terakhir tembok sudah direnovasi dan diresmikan sebagai destinasi wisata baru. 
 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Rabu, 03/07/2019 - 10:37 WIB
Senin, 01/07/2019 - 10:23 WIB
Jumat, 05/07/2019 - 09:37 WIB